Tim promosi asal Papua permalukan PSM Makassar

Selasa, 26 Februari 2013 - 19:28 WIB
Tim promosi asal Papua permalukan PSM Makassar
Tim promosi asal Papua permalukan PSM Makassar
A A A
Sindonews.com - PSM Makassar langsung terjungkal di laga perdana Indonesian Premier League (IPL) 2013. Pasukan Juku Eja dipermalukan tim promosi Perseman Manokwari 0-1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Selasa (26/2). Gol semata wayang tim promosi IPL asal Papua itu dicetak Marcio Souza da Silva pada menit ke-10.

Perseman yang berstatus tuan rumah langsung tampil menekan sejak menit pertama. Beberapa kali tim besutan Arcan Iurie mengancam gawang PSM Makassar yang dijaga Denny Marcell. Puncaknya pada menit ke 10, tim berjuluk Hino Cofu berhasil unggul setelah striker asing Marcio Souza menjebol gawang Juku Eja.

Gol ini tercipta dengan memanfaatkan bola muntah Musafri. Striker asal Brazil ini dengan mudah menceploskan bola ke gawang PSM yang tanpa pengawalan, 1-0 untuk Perseman.

Tertinggal 0-1, membuat PSM berusaha bangkit. Tim besutan Petar Segrt beberapa kalu berusaha menyamakan kedudukan, termasuk lewat peluang emas dari Rasyid Bakrie yang mampu menembus sisi kanan pertahanan Pereman. Sayangnya, peluang emas ini belum mampu dikonversi menjadi gol. Babak pertama berakhir tetap 1-0 untuk Perseman.

Memasuki babak kedua, PSM yang mengusung formasi 4-1-3-2 langsung mengambil inisiatif serangan. Pada babak kedua ini, PSM lebih menguasai ball possession dibanding babak sebelumnya. Peluang juga lebih banyak dimiliki Syamsul dkk.

Peluang emas PSM saat pertengahan babak kedua, setelah Qifly dijatuhkan di kotak terlarang. Sayangnya, wasit Retu Slamet yang memipin laga tersebut tidak menganggapnya sebagai pelanggaran. Pemain PSM pun sempat memprotes keputuan wasit, termasuk ofisial PSM yang berada dipinggir lapangan. Namun, wait tetap teguh pada pendiriannya. Hingga peluit panjang dibunyikan, kedudukan tidak berubah, 1-0 untuk kemengan Perseman.

Pelatih Perseman Arcan Iurie mengaku meski menang, namun tim besutannya kurang tampil apik. "Kami menang, namun kerja sama pemain antarlini masih kurang padu. Ini pekerjaan rumah bagi kami," katanya dalam keterangan pers usai laga, kemarin.

Namun, pelatih asal Moldova ini juga memuji para pemainnya. Pasalnya, bisa mengalahkan PSM merupakan kemenangan besar bagi timnya. "Semua tahu, PSM punya tradisi sepak bola yang kuat. Materi pemain juga bagus. Kami senang bisa mengalahkan mereka," ujarnya.

Sementara Pelatih PSM Petar Segrt mengaku terpukul dengan kekalahan ini. Saat pemainnya dijatuhkan di kotak terlarang, seharusnya mendapat hadiah penalty dari wasit. "Penonton yang netral yang menyaksikan laga tersebut pasti tahu, itu pelanggaran. Tapi kami tidak tahu mengapa bisa demikian (tidak penalty)," katanya.

Kapten PSM Syamsul menambahkan, bermain di kandang lawan selalu menyulitkan. Dia berharap, skuad PSM segera melupakan kekalahan ini karena dua laga berikutnya juga tidak kalah berat. "Kita harus menatap ke depan. Laga berikutnya juga berat, yakni bertandang ke Persibo Bojonegoro dan Persepar Palangkaraya. Kali ini kami tidak mendapatkan poin, tapi di laga berikutnya kami akan berjuang mendapatkan poin," ujarnya.

Pada saat bersamaan, tim promosi IPL 2013, PSIR Rembang berhasil mengamankan tiga angka setelah mengalahkan Persema Malang 3-2 di Stadion Krida Rembang. Tiga gol tuan rumah dicetak masing-masing Juned, Khanif Muhajirin dan Cristian Lenglolo. Sedangkan dua gol Persema dicetak Dodit dan Pandi.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0117 seconds (0.1#10.140)