Persib jaga semangat juang

Selasa, 05 Maret 2013 - 17:59 WIB
Persib jaga semangat...
Persib jaga semangat juang
A A A
Sindonews.com - Gelandang Persib Bandung Firman Utina berharap semangat juang yang dimiliki timnya saat menghadapi Persija tetap terjaga. Fighting spirit para punggawa Maung Bandung mutlak dibutuhkan, apalagi jika ingin mengejar target juara Indonesia Super League (ISL) musim ini.

Menurut dia, bermain mati-matian untuk mengalahkan Macan Kemayoran merupakan sebuah hal yang wajar, namun akan menjadi sesuatu yang luar biasa jika itu bisa dilakukan juga saat Persib menghadapi tim lain. Meski komposisi skuad Maung Bandung musim ini terbilang superior, namun itu akan sia-sia jika para pemainnya tidak memiliki semangat bertanding dan tekad meraih kemenangan.

Meski ini merupakan musim perdananya bersama Persib, Firman mengaku mengerti dengan rivalitas kedua tim. Dia pun merasa ikut termotivasi untuk bermain bagus di pertandingan kemarin. Bagaimanapun, ujar Firman, panasnya atmosfer laga melawan Macan Kemayoran sudah menjadi konsekwensi bergabung dengan Persib.

"Semua pesepakbola dan juga supporter di Indonesia juga pasti sudah tahu dengan persaingan antara Persib dan Persija. Termasuk saya, jadi tidak terlalu kaget dengan atmosfer pertandingan kemarin, karena saya sudah menduganya. Tapi yang paling penting adalah bagaimana agar di pertandingan lain pun Persib bisa bermain seperti saat melawan Persija," tutur Firman.

Para pemain Persib pun harus mampu membuktikan, bahwa meski bukan hasil binaan Maung Bandung, mereka bisa penuh semangat untuk membela nama Bandung dan Jawa Barat melalui Persib. Hal itu dianggap bisa menjadi jawaban dari keraguan sebagian bobotoh terhadap loyalitas dan totalitas punggawa Maung Bandung, karena mayoritas pemain Persib musim ini bukan berstatus putra daerah.

Namun ketika bermain all out, ujarnya, bukan berarti faktor emosi ikut dilibatkan. Motivasi hanya berlaku dalam meningkatkan kualitas permainan, dan tidak harus terpancing untuk bermain keras. Hal itu diakui Firman sebagai pelajaran yang bisa dipetik dari pertandingan-pertandingan big match.

"Sangat penting bagi para pemain Persib untuk tidak terpancing emosi. Tim ini sudah bermain baik, sayang kalau faktor mental menjadi kendala. Apalagi emosi memang kerap menjadikan kualitas permainan sebuah tim menurun. Meski terlibat dalam laga panas, fairplay harus tetap dijaga," kata mantan pilar Sriwijaya FC itu.

Karena itu Firman berharap, dengan klub mana pun Persib bersaing, bisa menampilkan permainan yang menghibur. Bukan malah menciptakan tercorengnya dunia sepakbola nasional melalui tragedi-tragedi mematikan. Selama ini, selain persaingan di lapangan hijau, persepakbolaan nasional memang identik dengan rivalitas di luar stadion dengan gesekan antar supporternya.

"Sebagai seorang pesepakbola, saya hanya ingin menyampaikan pesan perdamaian melalui olahraga ini. Saya harap semua pecinta sepakbola di negeri ini bisa menyadarinya, meski pesan yang saya buat pun belum tentu bisa ditangkap oleh para supporter yang menyaksikan pertandingan kami," katanya. -
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0790 seconds (0.1#10.140)