Federer dukung paspor biologis

Jum'at, 08 Maret 2013 - 14:22 WIB
Federer dukung paspor biologis
Federer dukung paspor biologis
A A A
Sindonews.com – Petenis Swiss Roger Federer mendukung keputusan mengenai akan diberlakukannya paspor biologis dalam ATP Tour.

Sehari sebelumnya, Federasi Tennis Internasional (ITF) mengumumkan akan menerapkan program paspor biologis atlet. Program ini akan mengumpulkan dan membandingkan data biologis dan perbedaan tempat dari waktu ke waktu yang menunjukkan kemungkinan atlet melakukan doping. ITF saat ini telah memberlakukan tes darah dan urin.

“Ini kabar bagus. Saya rasa tenis telah melakukan tugasnya dengan baik dengan berupaya sebisa mungkin untuk membersihkan olahraga ini. Kami kini memasuki era baru. Semuanya menjadi lebih professional dengan adanya keterlibatan uang,” ujar Federer dilansir msn, Jumat (8/3/2013).

Peraih 17 gelar GrandSlam itu berharap program ini juga mendapat dukungan dari semua petenis.

“Kami harus melakukan apapun guna memastikan Tour kita berlangsung bersih.”

ITF mengutarakan pihaknya hanya melakukan 21 tes darah di turnamen sepanjang tahun 2011. Jumlah itu masih kalah jauh dari badan balap sepeda dunia (UCI) yang melakukan 3.314 tes darah di tahun yang sama.

Meski demikian Federer berharap frekuensi tes darah ini bisa dilakukan lebih demokratis.

“Tahun lalu di Dubai, Rotterdam dan Indian Wells dimana saya memenangkan ketiga turnamen itu, saya sama sekali tidak di tes. Dan itu seharusnya tidak apa-apa,” tambah petenis berusia 31 tahun itu.
(irc)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5546 seconds (0.1#10.140)