Emosi bikin Persebaya kehilangan tiga pilar

Jum'at, 08 Maret 2013 - 16:02 WIB
Emosi bikin Persebaya kehilangan tiga pilar
Emosi bikin Persebaya kehilangan tiga pilar
A A A
Sindonews.com - Persebaya IPL dalam masalah berat saat bentrok dalam derby Jatim melawan Persibo Bojonegoro, Selasa (26/3) mendatang. Pasalnya, tiga pemain dipastikan absen lantaran akumulasi kartu.

Ketiga pemain tersebut adalah Mario Karlovic, Fernando Soler, dan Goran Gancev. Dari tiga laga yang sudah dijalani di pentas Indonesia Primer League (IPL), Goran dan Soler mengantongi dua kartu kuning. Lebih parah lagi Karlovic. Pemain asal Australia sudah mendapatkan kartu merah saat mengalahkan Persema Malang 1-0.

Di tengah performa yang sedang apik, Persebaya memiliki sedikit problem. Para penggawanya sangat sukar untuk mengontrol emosi. Terbukti, dalam tiga laga, sudah delapan kartu kuning dan satu kartu merah yang diterima anak asuh Ibnu Grahan ini. "Memang ini menjadi kerugian tim karena banyak pemain absen karena kartu," ucap Ibnu Grahan, Pelatih Persebaya.

Selain tiga pemain asing, lima pemain lain juga sudah mengantongi satu kartu kuning. Total 7 kartu kuning dan satu kartu menjadi gambaran emosional pemain masih tinggi. "Ke depan memang kita harus lebih berhati-hati untuk meminimalkan dapat kartu. Tidak perlu melakukan pelanggaran yang tidak perlu," ucapnya.

Bisa jadi saat melawan Persibo nanti, Persebaya akan tampil dengan kekuatan lokal. Sebab, hingga saat satu pemian asing lagi, Alian N'kong juga belum tampil karena masih terganjal ITC. Di tiga laga sebelumnya, pemain asal Kamerun itu hanya bisa menonton di tribun. "Kita juga masih memiliki pemain-pemain lokal yang tak kalah kualitasnya. Itu yang akan kita maksimalkan," terang pelatih Ibnu Grahan.

Untuk Goran Gancev, Ibnu masih memiliki banyak opsi untuk posisi pemain belakang. Masih ada Rivelino Ardiles yang musim lalu lebih sering tampil sebagai starter. Selain itu juga ada pemain senior Harry Syahputra dan Jefri Prasetyo.

Di lini tengah stok pengganti Karlovic bisa dipilih Jusmadi, Rian Wahyu atau dua debutan baru Bima Ragil atau Evan Dimas. Sementara di lini depan, Aris Alfiansyah bisa menggantikan peran Soler.

"Masih banyak alternatif pilihan, kita cukup banyak waktu untuk melakukan persiapan mengahadapi pertandingan berikutnya melawan Persibo, " ucap Ibu.

Terpisah Media Relation Persebaya Ram Surahman mengatakan yakin jika Alian N'kong bisa turun dalam laga lawan Persibo nanti. Sebab, manajamen melakukan proses percepatan agar ITC segera keluar.

"N'kong sudah berangkat ke Jakarta untuk mengurus dokumennya. Termasuk memberikan testimoni jika dia pernah bermain di Indios Mexico. Langkah ini diambil agar proses pengurusan ITC N'kong lebih cepat selesai, " ucapnya.

Dengan sisa waktu dua pekan, Ram yakin jika urusan ITC akan beres sebelum laga lawan Persibo, "Kami selama ini percaya LPIS bisa berbuat yang terbaik untuk N'kong. Apalagi, sebelumnya, pemain yang bersangkutan juga sudah pernah bermain di Indonesia," tandasnya.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5975 seconds (0.1#10.140)