Rawan Aremania ke Stadion Siliwangi

Selasa, 12 Maret 2013 - 15:42 WIB
Rawan Aremania ke Stadion Siliwangi
Rawan Aremania ke Stadion Siliwangi
A A A
Sindonews.com — Belum hilang bayang-bayang kericuhan supporter Aremania dengan Bonek pekan lalu, Arema Cronous harus menghadapi tekanan tak kalah berat akhir pekan ini. Klub berjuluk Singo Edan bakal melawat ke kandang Persib Bandung yang rencananya digelar di Stadion Siliwangi.

Tekanan luar-dalam sudah pasti bakal dirasakan Arema. Selama ini Aremania, supporter Arema, memang tidak pernah akur dengan Viking, pendukung setia Persib Bandung. Bahkan mungkin tim yang menuju stadion juga sudah mendapatkan tekanan tersendiri dari supporter tuan rumah.

Sebenarnya potensi kericuhan bobotoh persib dengan Aremania masih jauh di bawah Bobotoh-The Jak. Namun bukan tidak mungkin Viking yang dekat dengan Bonek, supporter Persebaya, bakal memberi tekanan lebih besar karena Aremania dan Bonek baru saja berseteru pekan lalu.

Arema pun siap mengambil langkah antisipasi. “Kalau memang situasinya rawan, mungkin Aremania lebih baik tidak ke stadion. Soal tim, saya rasa tekanannya selalu sama di setiap musim. Hanya saja kalau memang diperlukan, kami akan meminta pengawalan lebih ketat,” ujar General Manajer Arema Cronous Ruddy Widodo.

Walau optimistis pertandingan berjalan kondusif, pihak Arema hanya khawatir ada yang menyalahgunakan isu perseteruan Aremania dan Bonek. Walaupun mungkin isu itu tidak berlaku di Siliwangi, karena Viking kini tengah konsen ke pertandingan derby lawan Pelita Bandung Raya sekaligus ulang tahun Persib.

Terlepas bagaimana pun kondisinya, bobotoh memang menjadi salah satu supporter yang hampir menyamai Aremania saat memberikan dukungan ke timnya. Secara kuantitas, supporter fanatik Maung Bandung bisa memadati stadion dan itu bisa menjadi tekanan tersendiri bagi Arema.

Bagi pelatih Arema Cronous Rahmad 'RD' Darmawan, persoalan tekanan dari supporter bukan lagi sebauh masalah. Dia yakin apa pun yang dilakukan supporter lawan, termasuk Viking, tidak akan berpengaruh besar pada daya juang timnya. Dia menyodorkan contoh kala menghadapi Persija Jakarta.

“Asal supporter tidak melukai pemain, tidak ada persoalan apa pun. Kami sudah pernah menghadapi Persija di depan puluhan ribu supporter. Tapi tidak berefek apa-apa pada tim dan kami bisa memenangkan pertandingan. Saya berharap situasi pertandingan tetap kondusif sehingga persaingan di lapangan bisa sehat,” harap Rahmad Darmawan.

Arema bakal menjadi salah satu lawan terberat bagi Persib Bandung. Bagaimana tidak, klub berlogo kepala singa tidak lagi tersentuh kekalahan di empat pertandingan terakhir. Klub-klub berstatus raksasa seperti Persija Jakarta, Sriwijaya FC, hingga Gresik United dibuat 'tak bernyawa'.

Mulai terbiasa memenangkan pertandingan di kandang orang itulah yang menjadi keistimewaan tersendiri bagi Arema. Tapi kontra Persib nanti tak sesederhana itu. Sejauh ini Arema menang di luar kandang kebetulan karena menghadapi tim yang sedang bermasalah. Persija Jakarta tengah dalam situasti buruk musim ini.

Gresik United juga sedang dalam masa transisi karena baru memecat pelatih Suharno. Layak jika Persib yang belakangan terus menanjak grafiknya itu disebut sebagai ujian terberat bagi Arema. “Persib situasinya membaik. Jadi saya rasa butuh keistimewaan untuk bisa mengalahkan mereka di Bandung,” cetus RD.

Terkait kebugaran pemain, Greg Nwokolo sudah berangsung membaik dari cederanya. Justru Sunarto yang harus istirahat beberapa pekan lagi setelah gagal memulihkan kondisinya. Sunarto sebenarnya menjadi kekuatan penting Arema yang belakangan posisinya digantikan Dendi Santoso.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5866 seconds (0.1#10.140)