Inilah susunan manajemen Timnas Basket Indonesia

Minggu, 17 Maret 2013 - 18:23 WIB
Inilah susunan manajemen Timnas Basket Indonesia
Inilah susunan manajemen Timnas Basket Indonesia
A A A
Sindonews.com - Hasil yang kurang maksimal yang ditunjukkan oleh tim nasional Basket Indonesia di ajang SEA Games 2011 lalu membuat PB Perbasi melakukan evalusai.
Ketua Umum PB Perbasi, Anggito Abimanyu melakukan sejumlah pergantian guna menciptakan Timnas Basket Indonesia yang lebih tangguh di SEA Games 2013 mendatang.Perubahan itu meliputi pergantian posisi manajer dan pelatih.
Anggito mengatakan, bergulirnya Speedy NBL Indonesia dan Speedy WNBL Indonesia menjadi saluran yang sangat baik untuk melakukan regenerasi pemain di tubuh tim nasional. Harapannya, tim Merah Putih bisa menebus kegagalan memenuhi target pada SEA Games 2011.
"Kita tidak berhenti memperbaiki diri. Tahun ini pemain yang kita panggil ke timnas rata-rata 26 tahun. Artinya, pemain lawas yang kini sudah berumur kepala tiga sudah tidak bersama kita. Semuanya tentu karena faktor pentingnya regenerasi,'' jelas Anggito seperti dilansir laman resmi nblindonesia.
Dari 16 nama pemain yang masuk daftar seleksi timnas, hanya ada satu nama yang berusia kepala tiga. Yakni, point guard Pelita Jaya Energi-MP Jakarta Kelly Purwanto (30 tahun).
Juga ada Rachmad Febri Utomo (CLS Knights Surabaya, 28 tahun) dan Xaverius Prawiro (Dell Aspac Jakarta, 27 tahun) yang di atas 26 tahun. Meski begitu, tidak ada yang meragukan kapasitas tiga pemain yang menjadi kunci di tim masing-masing itu.
Di antara 16 pemain putra yang dipanggil, 14 di antaranya berlaga di NBL. Hanya Kaleb Ramot Gemilang (pemain kunci ITHB Bandung di Liga Mahasiswa) dan Christian Ronaldo Sitepu (Indonesia Warriors) yang bukan pemain NBL.
Tahun ini pelatih kepala tim basket putra timnas adalah Manajer Aspac Tjetjep Firmansyah. Dia akan dibantu Octaviarro Romely Tamtelahitu dan Ricky Gunawan. Adapun manajer tim adalah owner Aspac Irawan "Kim Hong" Haryono.
Tjetjep mengatakan, 16 pemain yang dipanggil sudah proyeksi inti. "Setelah NBL, TC (training camp) timnas akan dimulai. Nanti, dari 16 pemain timnas dirampingkan menjadi 12 saja," papar Tjetjep.
Di sisi lain, head coach tim putri adalah Raoul Miguel Handinoto (Tomang Sakti Mighty Bees Jakarta). Ebos -panggilannya- dibantu Wan Amran (Garuda Kukar Bandung) sebagai asisten pelatih.
Manajer timnas putri, Hasan Gozali, mengungkapkan, adanya WNBL membuat pemantauan pemain yang berhak memakai jersey timnas jauh lebih mudah.
"Potensi pemain yang ada juga bervariasi. Semoga ini jadi awal kebangkitan kita," ungkap Hasan Gozali, yang juga manajer tim SEA Games 2011.
Pada SEA Games 2011 lalu, Timnas Bola Basket Putra meraih medali perunggu, sementara Timnas Putri gagal menyumbangkan medali.
Pemain yang dipanggil Timnas
Putra
1. Andakara Prastawa Dhyaksa (Aspac)2. Kelly Purwanto (Pelita Jaya)3. Xaverius Prawiro (Aspac)4. Vamiga Michel (Satria Muda)5. Respati Ragil Pamungkas (Satya Wacana)6. Arki Dikania Wisnu (Satria Muda)7. Bonanza Siregar (Satria Muda)8. Rachmad Febri Utomo (CLS Knights)9. Kaleb Ramot Gemilang (ITHB Bandung)10. Tony Agus (CLS Knights)11. Yanuar Dwi Priasmoro (Bimasakti)12. Galank Gunawan (Satria Muda)13. Pringgo Regowo (Aspac)14. Christian Ronaldo Sitepu (Indonesia Warriors)15. Adhi Pratama Putra (Hangtuah Sumsel)16. Ferdinand Damanik (Pelita Jaya)
Putri
1. Marjorice Fedora Tsarine (Sritex Dragons Pertamina Solo)2. Nur Rahmawati (Sahabat Semarang)3. Wulan Ayu Ningrum (Tomang Sakti Mighty Bees Jakarta)4. Marlina Herawan (Surabaya Emdee Fever)5. Ivonne Febriani Sinatra (Sahabat Semarang)6. Natasha Debby Cristaline (Sahabat Semarang)7. Hanum Fasya (Medco Merah Putih Predators Jakarta)8. Fitrayana Sari Dewi (Medco Merah Putih Predators Jakarta)9. Fanny Kalumata (Tomang Sakti Mighty Bees Jakarta)10. Mega Nanda Perdana Putri (Surabaya Emdee Fever)11. Maharani Adhipuspitasari (Sritex Dragons Pertamina Solo)12. Yuliana Anggita Bening (Surabaya Emdee Fever)13. Jacklien Ibo (Tomang Sakti Mighty Bees Jakarta)14. Windi Hastari Medco Merah Putih Predators Jakarta)15. Gabriel Sophia (Surabaya Emdee Fever)16. Agustin Elya Gradita Retong (PON Sumsel)17. Yunita Sugianto (Surabaya Emdee Fever)18. Atty Juliani Ahmad (Rajawali Bandung)19. Catryn Clorissa (Sritex Dragons Pertmina Solo)20. Gista Indah Lestari (Rajawali Bandung)21. Yuni Anggraeni (Sahabat Semarang)22. Shinta Ayu Ramadhani (Sahabat Semarang)
(dka)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7614 seconds (0.1#10.140)