Firmandoyo siapkan alternatif rotasi

Minggu, 26 Mei 2013 - 15:34 WIB
Firmandoyo siapkan alternatif...
Firmandoyo siapkan alternatif rotasi
A A A
Sindonews.com – Jelang menghadapi empat partai home secara beruntun dalam dua pekan mulai awal Juni mendatang pelatih PSIS semarang Firmandoyo mulai memikirkan untuk merotasi pemain.

Rotasi pemain sangat dibutuhkan mengingat, ketatnya jadwal kompetisi, yang pastinya akan menguras tenaga para pemain. PSIS akan memulai laga home perdana pada putaran kedua ini mulai 1 Juni menjamu Persip Pekalongan, lalu dilanjutkan menjamu Persitema Temanggung 5 Juni.

Setelah istirahat, tiga hari Imral”Korea”Usman tepatnya tanggal 9 Juni merka akan kedatangan Persikad dan langsung di sambung kedatangan Persikabo Bogor, 13 Juni kemudian. Sedangkan laga terakhir PSIS akan bertandang ke markas PSCS Cilacap, 17 Juni di Stadion Wijayakusuma Cilacap.

Pelatih PSIS Firmandoyo mengaku, mepetnya jadwal pertandingan,memang memaksa Dia harus memikirnya untuk melakukan rotasi pemain. Karena tidak mungkin, pemain akan dipasang terus menerus, karena pastinya akan mempengaruhi performa permainan.

Firmandoyo sadar, tidak semua pemainnya memiliki stamina yang baik, dan memiliki waktu recovery tenaga dalam waktu cepat. Oleh sebab itu dipastikan akan ada beberapa pemain yang sudah barang tentu akan dirotasi atau diistirahatkan.“Empat pertandingan dengan waktu yang cukup dekat tentu akan menguras tenaga. Oleh sebab itu rotasi harus dilakukan supaya tim tetap bermain dengan baik,” ujarnya.

Untuk melakukan rotasi pemain, pelatih Firmandoyo tidak akan merasa kesulitan mengingat para pemain pelapisnya terus menujukan perkembangan yang baik selama latihan. “Kita memiliki stok pemain yang cukup banyak, dengan kemampuan yang rata dengan pemain inti,” kata Firmandoyo.

Selama ini pemain-pemain seperti, Imral”Korea”Usman, Fauzan Fajri, Morris Power, Iksan Sania, Addison Alves, Ronald Fagundez, dan Nurul Huda belum tergantikan posisinya.
Dengan adanya rotasi pemain akan memberikan kesempatan kepada pemain-pemain seperti Saiful Amar, Rico Fernanda, Edy Gunawan, Vidi Hasiholan Ringga Setiyawan, Ipan Priyanto, dan Robby Fajar, untuk menunjukan kemampuan terbaiknya.

“Yang pasti akan dilihat siapa yang memang perlu diistirahatkan, dan akan digantikan pemain yang benar-benar siap,” ujarnya.

Namun, kata mantan pelatih tim PON Jateng ini rotasi kemungkinan baru akan dilakukan setelah Mahesa Jenar –Julukan PSIS- sudah benar-benar mengunci tiket lolos ke babak 12 besar atau setelah menang dua pertandingan.

“Kita harus mengamankan tiket 12 besar dulu, setelah itu kita baru bisa sedikit melakukan perubahan pemain. Karena kalau tiket belum dikunci, justru akan membahayakan diri sendiri,” katanya.

Untuk saat ini kata Dia, yang terpenting adalah fokus mempersiapkan tim untuk menghadapi dua pertandingan pertama yakni melawan Persip dan Persitema Temanggung. Pada dua pertandingan tersebut pastinya Firmandoyo ingin mengemas poin penuh sebagai penebus, hasil imbang pada putaran pertama lalu.

“Persipan kali ini akan lebih berhati-hati, setiap kesalahan dari tiga pertandingan lalu kita evaluasi, untuk mencari titik lemah. Dan waktu yang hanya sepekan ini akan kita manfaatkan untuk memperbaiknya. Sehingga pada dua pertandingan pertama kita akan mendapatkan poin penuh, untuk meringankan beban tim,” katanya
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1183 seconds (0.1#10.140)