Gol Navas pulangkan Kroasia

Selasa, 19 Juni 2012 - 04:04 WIB
Gol Navas pulangkan Kroasia
Gol Navas pulangkan Kroasia
A A A
Sindonews.com – Spanyol secara dramatis memastikan tempat di babak perempat final setelah menyingkirkan Kroasia dengan skor tipis 1-0 di laga penentuan Grup C dini hari tadi.

Pemain pengganti, Jesus Navas, menjadi pahlawan bagi La Furia Roja setelah menciptakan gol di menit ke-88. Gol Navas sekaligus memulangkan Kroasia yang sudah pasti gagal melangkah ke babak selanjutnya. Pasalnya, di pertandingan lain, Italia menang 2-0 atas Republik Irlandia.

Dengan hasil itu, Spanyol menjadi juara Grup C dengan nilai 7 diikuti Italia yang mengoleksi lima poin. Sedangkan Kroasia secara tragis harus tersisih dengan hanya mengumpulkan nilai 4.

Di babak pertama, pada menit ke-11, Spanyol mengancam Kroasia melalui aksi Andres Iniesta. Setelah menerima umpan, Iniesta langsung melepaskan tendangan. Sayang, tendangannya masih bisa diamankan kiper Kroasia Stipe Pletikosa.

Pada menit ke-22, Fernando Torres nyaris membuka skor bagi Spanyol melalui aksi individunya yang menyusuri sisi kiri pertahanan Kroasia. Melalui sudut sempit, pemain Chelsea itu langsung melepaskan tembakan. Tapi, tendangannya masih membentur kaki Pletikosa.

Peluang Spanyol tak hanya sampai di situ. Sergio Ramos yang memanfaatkan bola liar hasil sepakan Torres langsung melepaskan tendangan kerasnya dari luar kotak penalti. Lagi-lagi Pletikosa memperlihatkan penampilan gemilangnya dengan menahan tendangan Ramos.

Kroasia cukup mengancam gawang Spanyol. Pada ke-24, Ivan Perisic mampu menciptakan peluang setelah mendapatkan umpan manis dari Luka Modric. Mendapatkan ruang tembak, ia langsung melepaskan sepakan kerasnya ke arah kanan Iker Casillas. Beruntung, Cassillas dengan sigap menahan sepakan tersebut.

Pada menit ke-35, kerja sama Iniesta danDavid Silva mampu menghadirkan ancaman bagi Kroasia. Iniesta yang mengirimkan umpan kepada Silva, langsung diteruskan pemain Manchester City itu dengan sepakan keras, tapi sayang tendangannya masih membentur bek Kroasia. Hingga akhir babak pertama skor kaca mata tak berubah.

Pada babak kedua tensi pertandingan kian meningkat, pada menit ke-58 Kroasia nyaris membuka skor. Rakitic yang menerima umpan Modric langsung melakukan tandukan tepat di muka gawang Casillas. Beruntung, kiper Real Madrid itu melakukan penyelamatan gemilang sehingga gawangnya tetap aman.

Pada menit ke-77, pertahanan Spanyol kembali terancam melalui serangan balik Kroasia yang cukup cepat. Meski mendominasi jalannya pertandingan, tapi Spanyol baru mendapatkan peluang emas pada menit ke-83 setelah Iniesta melepaskan tembakan usai menerima umpan Cesc Fabregas.

Akhirnya Spanyol mampu membuka skor pada menit ke-88 melalui Jesus Navas. Berawal dari umpan Cesc Fabregas yang mengirimkan bola ke Iniesta yang lolos dari jebakan offside. Dengan cerdik, Iniesta menghentikan bola dengan dada kiri. Ia lalu mengumpan bola ke Navas yang dalam posisi bebas di depan gawang. Dengan mudah, pemain Sevilla yang masuk menggantikan Torres itu merobek gawang Pletikosa. Hingga peluit panjang dibunyikan skor 1-0 tak berubah.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7505 seconds (0.1#10.140)