Persebaya diuntungkan tempat netral

Rabu, 03 April 2013 - 15:52 WIB
Persebaya diuntungkan tempat netral
Persebaya diuntungkan tempat netral
A A A
Sindonews.com - Persebaya Divisi Utama kembali bisa tersenyum. Jadwal pertandingan Derby Jawa Timur (Jatim) melawan tuan rumah Deltras Sidoarjo dipastikan akan digelar Sabtu (6/4/2013).

Bukan hanya jadwal sudah pasti, namun Persebaya DU juga diuntungkan karena laga digelar di tempat netral di lapangan Sasana Krida Kompleks Akademi Angkatan Udara (AAU) Yogyakarta. Deltras terpaksa menjamu Persebaya di luar kandang karena tidak mendapatkan izin keamanan dari kepolisian.

Kepastian venue pertandingan disampaikan dalam surat PT Liga Indonesia nomor 0428/LIGA/IV/2013 yang menyebut pertandingan Deltras lawan Persebayya DU dilaksanakan di Yogyakarta. "Akhirnya kita main di AAU Yogyakarta, mas," ujar Manajer Persebaya DU Bambang Pramukantoro.

Sebenarnya, pertandingan Derby Jatim ini seharusnya digelar 2 Maret lalu di Stadion Gelora Delta Sidoarjo. Tapi dengan alasan disharmonisasi antar suporter kedua tim, Polres Sidoarjo tak meberikan izin laga ini. Selanjutnya, pertandingan dipindah ke Stadion Kanjuruhan, 22 Maret.

Tapi lagi-lagi batal digelar menyusul bentrok yang melibatkan Aremania dan Bonek. Akhirnya, PT Liga Indonesia kembali memundurkan jadwal pertandingan menjadi 6 Maret 2013. Saat itu, muncul beberapa opsi stadion, seperti stadion Lebak Bulus Jakarta dan lapangan di daerah Pasar Rebo, Jakarta.

Keputusan final PT Liga Indonesia memberikan alternatif tempat lebih netral, yaitu Yogyakarta membuat Persebaya beruntung. Sebab, selain lepas dari teror pendukung Deltras, lokasinya pertandingan juga tak terlalu jauh dari Surabaya. "Yang terpenting jadwal sudah jelas agar tim bisa melakukan persiapan," ujarnya.

Soal penunjukan Yogyakarta, menurut Bambang sudah sesuai dengan harapan Persebaya. "Awalnya kita usulkan main di Stadion Wilis Madiun saja. Atau paling jauh ya di Yogyakarta. Kami bersyukur ternyata PT Liga Indonesia memutuskan main di Yogya," lanjur Bambang.

Jelang laga melawan Deltras, Uston Nawawi dkk mendapatkan motivasi ganda setelah baru saja menjungkalkan Perseba Bangkalan Super 5-2 di Stadion Gelora Bung Tomo, Selasa (2/4). "Tidak ada masalah, kita siap main di Yogya, " ujar Pelatih Persebaya DU, Tony Ho.

Pekan ini bakal menjadi perjuangan berat bagi Persebaya DU. Sebab, setelah melawan Deltras hanya berselang tiga hari Uston Nawawi dkk harus kembali merumput menghadapi Persebo Bondowoso, di GBT, Rabu (10/4) mendatang.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5157 seconds (0.1#10.140)