Misi tak disanksi

Minggu, 07 April 2013 - 15:44 WIB
Misi tak disanksi
Misi tak disanksi
A A A
Sindonews.com - Persibo Bojonegoro akhirnya mulai mewujudkan janjinya dengan mengontrak pemain. Tercatat sekitar tujuh pemain telah mengikat kontrak permanen untuk semusim ke depan. Pemain yang dikontrak sejauh ini sebatas pemain lokal dan berusia muda.

Dengan kejelasan kontrak ini, manajemen berharap pemain lebih bergairah menjalani kompetisi musim ini, baik di Indonesian Premier League (IPL) maupun AFC Cup. Terutama kala Laskar Angling Dharma mengunjungi markas Sunray Cave FC Sun Hei, Hongkong, Selasa (9/4).

Namun, kendati menuju Hongkong dengan berbekal kontrak, situasi tim Persibo sejatinya tidak menggembirakan. Hanya bermodal 12 pemain jelas bukan pasukan ideal untuk meraih hasil memuaskan. Kini misi Persibo bukan lolos fase grup, namun hanya sebatas mengindari sanksi AFC.

Misi itu menjadi paling realistis karena Persibo hampir dipastikan tidak bisa lolos, apalagi jika gagal menang di kandang Sun Hei. Praktis klub pujaan Boromania tinggal melakukan sisa pertandingan tanpa target berarti, agar tidak mendapatkan sanksi dari AFC.

Persibo juga masih kesulitan membiayai tim di pertandingan AFC Cup pekan ini. Bahkan keberangkatan ke Hongkong lagi-lagi harus menunggu uluran tangan PSSI. Untuk sekadar membayar transportasi dan uang saku pemain saja masih dirasa berat bagi kantong Persibo.

“Sulit kalau bicara lolos dari fase grup dengan situasi seperti ini. Kami baru mendapatkan satu angka dari tiga pertandingan dan harus realistis. Tim tinggal membuktikan tak hanya menjadi bulan-bulanan di sisa pertandingan AFC Cup,” terang Pelatih Persibo Gusnul Yakin.

Setelah melakoni tiga pertandingan, klub kebanggaan Kota Ledre menyisakan tiga laga lagi, yakni ke markas Sun Hei dan New Radiant, serta sekali lagi partai kandang lawan Yangon United. Dua pertandingan away dan hanya satu laga kandang bakal menyulitkan Persibo untuk bersaing dengan New Radiant atau Yangon United.

Resmi berkekuatan 12 pemain saja ke Hongkong, Gusnul tidak menetapkan target berlebihan. Walau ingin membuat kejutan dengan meraih tiga angka, dia tak bisa menutup mata dengan kondisi tim yang langsing karena skorsing tiga pemain, yakni Marcelo Cirelli, Edi Gunawan dan Tamsil Sijaya.

“Pemain sebagian sudah dikontrak dan saya berharap ada perkembangan di Hongkong nanti. Sayangnya kami tidak turun dengan kekuatan penuh karena skorsing kartu tiga pemain. Yang pasti Persibo tidak menyerah sebelum bertanding walau mungkin kekuatan kami diremehkan,” tandas Gusnul.

Persibo dan Sun Hei SC baru bertemu pekan lalu di Stadion Manahan, Solo. Sun hei yang berstatus tim tamu dan diunggulkan, hanya mampu bermain imbang 3-3. Hasil ini membuat kedua klub mempunyai kans yang sama-sama tipis untuk lolos dari Grup F. Sebab New Radiant dan Yangon United telah sama-sama mengemas enam angka.

Harapan Persibo adalah meraih posisi ketiga atau menghindari juru kunci grup. Walau berat, tapi masih terbuka peluang asalkan tidak kalah di kandang Sun Hei pada Selasa (9/4). Sebab Sun Hei sendiri berhasrat mengalahkan Persibo untuk mencoba mendapatkan peluang lolos yang sudah menipis.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6570 seconds (0.1#10.140)