Urine pembalap Rusia positif EPO

Senin, 08 April 2013 - 16:02 WIB
Urine pembalap Rusia positif EPO
Urine pembalap Rusia positif EPO
A A A
Sindonews.com - Olahraga sepeda kembali dikejutkan dengan kabar yang menyakitkan. Pembalap asal Rusia, Alexander Serebryakov, terbukti positif menggunakan blood-booster erythropoietin (EPO) atau semacam transfusi darah untuk mendorong peningkatan stamina. Pengakuan itu disampaikan Uni Balap Sepeda Internasional (UCI) yang membeberkan keterangan tersebut lewat situs resmi mereka.

Penggunaan doping yang dilakukan Serebryakov, setelah UCI memeriksa hasil urine kepada pembalap yang tergabung dalam tim Euskaltel Euskadi. Pengambilan urine itu diambil dari Serebryakov usai Badan Anti Doping Dunia (WADA) menaruh curiga kepadanya saat akan mengikuti kejuaraan sepeda bulan lalu.

"UCI menegaskan bahwa pembalap Rusia Serebryakov untuk sementara waktu tidak akan mengikuti kejuaraan sepeda. Hal ini dilakukan agar proses penyelidikan dapat segera selesai," pernyataan resmi UCI seperti dilansir Super Sport, Senin (8/4/2013).

"Sanksi itu sendiri baru akan dikenakan kepada Serebryakov setelah ia mengikuti sidang yang akan digelar Federasi Sepeda Rusia. Meski begitu, dalam peraturan UCI ia melanggar pasal 21 terkait masalah penggunaan doping," lanjutnya.

Dengan penemuan ini berarti WADA benar-benar sangat berkonsentrasi dalam membersihkan masalah doping tersebut dari olahraga sepeda ini. Pasalnya, sudah ada beberapa pembalap yang terbukti menggunakan doping termasuk juara lima kali Tour de France, Lance Armstrong.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9391 seconds (0.1#10.140)