AFC selidiki laga Persibo di Hong Kong

Kamis, 11 April 2013 - 01:33 WIB
AFC selidiki laga Persibo di Hong Kong
AFC selidiki laga Persibo di Hong Kong
A A A
Sindonews.com - Persibo Bojonegoro akhirnya tersingkir dari fase Grup F AFC Cup dengan membawa aib. Bahkan Federasi Sepakbola Asia (AFC) mengatakan akan mengkaji pertandingan antara Persibo dan klub Hong Kong Sunray Cave JS Sun Hei yang diakhiri wasit walau baru berjalan 65 menit.

AFC mengatakan akan mengumumkan pada waktunya hasil kajian pertandingan antara Persibo dan Sunray Cave, Selasa (09/04) yang dihentikan saat kedudukan 8-0 untuk tim Hong Kong.

Persibo asal Bojonegoro, Jawa Timur, bertandang ke Hong Kong mengadapi klub Sunray Cave JS Sun Hei hanya dengan membawa 12 pemain karena alasan minimnya dana untuk membawa pemain cadangan lebih banyak.

Sepanjang satu jam pertandingan, lima pemain Persibo cedera hingga tinggal tersisa enam pemain. Wasit Chaya Mahapab yang memimpin jalannya laga di Stadion Mong Kok pun memutuskan menghentikan pertandingan karena aturan internasional mengharuskan satu tim minimal bermain dengan tujuh orang.

Kantor berita Reuters menyebutkan sejumlah media di Hong Kong mempersoalkan pertandingan ini, meski klub tuan rumah menang gemilang dengan 8-0. Sebagian menuding pemain Indonesia hanya berpura-pura cedera, sebagian lainnya mempersoalkan Persibo yang dinilai tak sportif.

"Kami sudah sering dengar dengar betapa tidak sportifnya tim-tim asal Indonesia tetapi sama sekali tak menyangka kami akan jadi korbannya," seperti dilansir bbcsport.

Kapten tim Sunray, Roberto Afonso Jr, sangat geram dengan buruknya kinerja lawan. "Sangat memalukan. Tidak ada yang percaya pemain mereka cedera. Mereka cuma enggan melanjutkan pertandingan," kata Alfonso geram seperti dimuat koran South China Morning Post.

Sementara itu pelatih Sunray, Chiu Chung Man merasa timnya justru jadi korban permainan buruk kubu Indonesia.

"Kami sudah sering dengar betapa tidak sportifnya tim-tim asal Indonesia tetapi sama sekali tak menyangka kami akan jadi korbannya."

Situasi tim Persibo jelang l;aga kontra Sun Hei memang layak disebut 'kalah sebelum berperang'. Berangkat ke Hongkong hanya sehari jelang laga karena menunggu uluran tangan PSSI untuk biaya tiket pesawat, Persibo membawa amunisi yang sangat tipis. Striker Bijahil Chalwa bahkan menjadi cadangan kiper.

Kekalahan ini sudah terbaca sebelumnya karena Laskar Angling Dharma hanya membawa 12 pemain, atau menyisakan satu pemain di bangku cadangan. Tiga pemain tidak bisa dimainkan karena skorsing kartu, yakni Marcelo Cirelli, Edi Gunawan dan Tamsil Sijaya.

“Ini kekalahan yang memalukan. Saya sebagai pelatih mohon maaf kepada masyarakat Bojonegoro. Kondisi tim tidak memungkinkan kami berbuat lebih banyak di kandang Sun Hei,” sesal Gusnul Yakin, Pelatih Persibo Bojonegoro. Hasil ini membuat Persibo resmi tersingkir dari persaingan Grup F.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5721 seconds (0.1#10.140)