Motivasi ditengah krisis

Jum'at, 19 April 2013 - 23:02 WIB
Motivasi ditengah krisis
Motivasi ditengah krisis
A A A
Sindonews.com – Persib Bandung menghadapi situasi sulit saat menjajal Arema Crounus pada laga lanjutan Indonesia Super League (ISL) di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Sabtu sore (15/4). Maung Bandung harus kehilangan sejumlah pemain penting yang sebenarnya cukup dibutuhkan tenaganya dalam laga besar. Firman Utina, Maman Abdurahman dan Asri Akbar kemungkinan besar bakal menghilang dari line up Persib.
Firman diragukan karena kondisi kesehatannya belum pulih 100% setelah sebelumnya harus mendapatkan perawatan medis sekitar satu pekan lebih akibat terserang demam berdarah. Sedangkan Maman masih harus menjalani penangan akibat cedera lutut yang dialaminya. Sementara Asri Akbar, bakal absen karena harus mendampingi istrinya menjalani operasi di Makasar.

Situasi ini tentu tidak diharapkan Pelatih Djadjang Nurdjaman sebelumnya. Namun, ia percaya dan yakin para pemain yang nanti menggantikan peran pemain yang absen bisa bermain optimal untuk melanjutkan tren positif Persib yang selalu menang di lima laga terakhir.

Georges Parfait Mbida Messi kemungkinan bakal diplot menjalankan peran Firman. Mbida Messi sudah melakoninya di pertandingan melawan Persita dan cukup baik dalam menjalankan fungsi sebagai playmaker. Sedangkan Naser Al Sebai diyakini bakal dipilih Djanur untuk berduet dengan Abanda Herman di jantung pertahanan Persib.

“Kita tidak berspekulasi untuk memaksakan diri dengan memainkan pemain yang kondisinya kurang memungkinkan untuk dimainkan. Firman memang sudah menjalani latihan, tapi dia belum siap untuk dimainkan. Begitu juga dengan Maman,” jelas Djanur.

Selain bakal tidak diperkuat tiga pemain tersebut, Persib pun masih mewanti-wanti laporan terakhir dari tim medis untuk mengetahui kondisi maupun kesiapan Atep dan Kenji Adachihara yang sedikit mengalami masalah dengan cedera.

Pelatih berusia 55 tahun itu, menyatakan partai melawan Singo Edan memberikan tantangan tersendiri buat timnya. Sebab kualitas Arema diatas kertas jauh lebih baik dibandingkan Persita Tangerang, lawan sebelumnya yang sukses dipermak Persib dengan skor telak 5-1.

“Terutama lini depan mereka sangat produktif. Itu dimungkinkan karena Arema memang memiliki sejumlah striker terbaik yang ada di Indonesia saat ini. Lini belakang mereka juga cukup tangguh dan lini tengah mereka cukup hidup,” jelas Djanur.

Sementara itu, pelatih Arema, Rahmad ‘RD’ Darmawan tetap mewaspadai kekuatan Persib. Menurutnya kehilangan banyak pemain pilar tidak membuat Arema kehilangan kewaspadaan terhadap tuan rumah. “Saya yakin itu tidak akan jadi masalah serius buat mereka. Sebab Persib memiliki pemain pelapis yang kualitasnya tidak berbeda jauh,” ucap RD.

RD mengaku sempat menyaksikan penampilan Mbida Messi yang menurutnya tampil baik menggantikan peran Firman Utina. Gelandang asal Kamerun yang sempat diinginkan RD tersebut, dipastikan bakal jadi pusat permainan Persib di lini tengah.

“Saya lihat Messi bermain cukup baik saat lawan Persita. Jadi kalaupun Persib bakal bermain tanpa sejumlah pemain. Bukan berarti kekuatan mereka tidak berbahaya. Apalagi Persib akan bermain di kandang sendiri dengan dukungan Bobotoh yang selama ini dikenal fanatik,” tandasnya.

Perkiraan Pemain

Persib Bandung (4-4-2)
I Made Wirawan (kiper) ; Naser Al Sebai (bek tengah), Abanda Herman (bek tengah), Supardi Nasir (bek kanan), Tony Sucipto (bek kiri) ; Hariono (gelandang tengah), Mbida Messi (gelandang tengah), Atep (sayap kiri), M. Ridwan (sayap kanan) ; Herman Dzumafo (striker), Sergio Van Dijk (striker).
Pelatih : Djadjang Nurdjaman

Arema Crounus (4-4-2)
Kurnia Meiga (kiper) ; Victor Igbonefo (bek tengah), Purwaka Yudi (bek tengah), Hasyim Kipuw (bek kanan), Thierry Gathuessi (bek kiri) ; Dedi Kusnandar (gelandang tengah), Sukadana (gelandang tengah), Keith Kayamba Gumbs (sayap kanan), Greg Nwokolo (sayap kiri) ; Alberto Goncalves (striker), Cristian Gonzales (striker).
Pelatih : Rahmad Darmawan

Head to Head
Tanggal
Kompetisi
Home
Away
Skor
23-04-12
Super Liga
Arema
Persib
2-1
15-03-12
Super Liga
Persib
Arema
2-0
01-04-11
Super Liga
Arema
Persib
2-0
23-01-11
Super Liga
Persib
Arema
1-1
22-07-10
Piala Indonesia
Persib
Arema
2-0
18-07-10
Piala Indonesia
Arema
Persib
3-0
14-03-10
Super Liga
Persib
Arema
1-0
19-12-09
Super Liga
Arema
Persib
0-0
09-05-09
Super Liga
Arema
Persib
0-2
02-11-08
Super Liga
Persib
Arema
2-1
29-05-06
Divisi Utama
Arema
Persib
3-1
11-02-06
Divisi Utama
Persib
Arema
1-0
01-09-05
Divisi Utama
Arema
Persib
1-0
17-05-05
Divisi Utama
Persib
Arema
2-0
05-03-03
Divisi Utama
Arema
Persib
1-0
02-08-03
Divisi Utama
Persib
Arema
1-1
14-02-02
Divisi Utama
Persib
Arema
2-1
18-04-02
Divisi Utama
Arema
Persib
1-0
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6401 seconds (0.1#10.140)