Karate yunior Indonesia bikin kejutan

Sabtu, 20 April 2013 - 07:01 WIB
Karate yunior Indonesia bikin kejutan
Karate yunior Indonesia bikin kejutan
A A A
Sindonews.com - Di luar dari target, putra dan putri terbaik Tanah Air tersebut mampu menyumbangkan tiga emas, satu perak, dan dua perunggu di tingkat yunior. PB Forki sendiri awalnya hanya menargetkan dua emas di tingkat yunior dan satu emas pada kategori kadet.

Dengan keberhasilan meraih tiga emas dari tingkat yunior dan kadet, otomatis target yang diberikan PB Forki pada tingkat junior dan kadet melebihi target. Emas pertama Indonesia dicetak Stenly Soegianto yang tampil maksimal di kelas kata perorangan kadet yunior putra.

Mampu tampil mengesankan, Stenly mematahkan perlawanan karateka asal Malaysia Nordin dengan keunggulan 3-2. Sayang, wasit terlihat tidak maksimal dalam memimpin laga tersebut. Karena, Stenly seharusnya dinilai unggul mutlak. “Saya melihat wasit memberikan skor tipis dalam kemenangan tadi, lebih dikarenakan Indonesia dan Malaysia memiliki kekuatan yang sama besar. Wasit pun mungkin juga memiliki ketegangan sendiri dalam memimpin pertandingan tersebut.

Tapi yang pasti, saya puas dengan hasil ini,” ungkap Stenly di Stotsenberg Convention Centre, Clark, Pampanga, kemarin. Indonesia kembali meraih emas melalui aksi Nawar Kautsar Matsaru. Dirinya mampu mengandaskan perlawanan karateka Thailand Praifar Sitthiwong, 4-1, dalam ketegori kata perorangan putri yunior. Keberhasilan Nawar sendiri melengkapi dua kemenangan sebelumnya saat berhadapan dengan Basalo Tracy asal Filipina, 4-1, dan Thu Pham Ha, 3-2.

Indonesia menambah raihan satu emas di hari pertama pergelaran SEAKF II yang disempat dibuka oleh Presiden SEAKF Hendardji Soepandji melalui aksi Sutantio Renaldi Pratama pada kumite 76 kg. Untuk satu-satunya medali perak berhasil diraih Vina Aprilia yang harus mengakui ketangguhan karateka Thailand Sinitha Thongwandi 1-5. Indonesia sebelumnya telah berhasil meraih dua perunggu di tingkat yunior.

Medali perunggu pertama disumbang Ifka Widia Sari dari nomor kumite yunior putri 48 kg. Sedangkan satu perunggu lagi diraih Ni Made Sari dari nomor kumite yunior putri 53 kg. Sementara karateka Indonesia di tingkat senior akan mulai unjuk kebolehan, hari ini. Dari 24 atlet yang diboyong ke Filipina, mereka akan ambil bagian di kategori kumite, kata beregu, dan kata perorangan baik pria maupun putri.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5452 seconds (0.1#10.140)