Pertahankan kekuatan lama

Senin, 22 April 2013 - 09:22 WIB
Pertahankan kekuatan lama
Pertahankan kekuatan lama
A A A
Sindonews.com – Disaat tim-tim lain mulai menyusun rencana untuk memperbaharui kekuatan jelang putaran kedua Indonesia Super League (ISL). Persib Bandung tampak masih adem ayem menyongsong jendela transfer putaran kedua.

Maung Bandung justru dikabarkan kemungkinan besar bakal mempertahankan komposisi pemain yang ada saat ini. Performa memuaskan sejumlah pemain, kabarnya ikut mempengaruhi rencana manajemen maupun pelatih Djadjang Nurdjaman dalam proses evaluasi nanti.

Dari semua lini, sektor belakang tetap masih jadi perhatian serius. Manajer Persib, Umuh Muchtar sudah mengungkapkan rencana penambahan pemain di lini belakang. Buruknya kinerja ataupun organisasi pertahanan Persib tergambar dari seringnya gawang Persib dibobol lawan.

Kekalahan 2-4 dari Mitra Kukar, 21 Februari lalu, hingga saat ini mungkin masih cukup membekas dibenak jajaran pelatih Persib maupun manajemen. Bagaimana tidak, tiga dari empat gol Naga Mekes kala itu, terjadi karena buruknya organisasi pertahanan Persib.

“Kita belum bicarakan lebih lanjut, karena masih beberapa pertandingan sisa yang mesti dijalani. Jadi pelatih juga pasti ingin memantau perkembangan tim sampai putaran pertama beres. Setelah itu, mungkin baru kita bicarakan langkah-langkah berikutnya seperti apa,” ucap Umuh.

Meski begitu Umuh tidak menampik jika pihaknya pernah menyimpan rencana mendapatkan bek anyar untuk melapis Abanda Herman, Naser Al Sebai dan Aang Suparman yang selama ini, selalu bergantian menjadi palang pintu di pusat pertahanan Persib.

Dimata Umuh, gol-gol yang bersarang ke gawang Persib selama ini. Banyak diantaranya terjadi karena proses yang sebetulnya bisa diantisipasi dengan baik. “Kita bicarakan lagi sama pengurus lain dan pelatih. Apakah memang nanti perlu penambahan bek baru atau tidak. Siapa tahu pelatih juga punya pandangan sendiri soal kebutuhan pemain dengan posisi apa yang perlu direkrut,” tegasnya.

Sebelumnya Umuh sempat dibuat geram oleh kinerja lini belakang Persib. Bahkan ia menyatakan berjanji untuk mendatangkan pemain bertahan yang mampu membuat sektor pertahanan Persib setangguh Persipura Jayapura yang hingga kini, berstatus sebagai tim dengan pertahanan terbaik.

“Semuanya kita pertimbangkan, baik itu pemain lokal maupun asing. Kalau bisa mendapatkan pemain lokal yang bagus kualitasnya. Tapi tidak menutup kemungkinan juga mendatangkan bek asing. Kita upayakan mendapatkan yang terbaik, tidak hanya untuk memperkuat sektor pertahanan. Juga kalau perlu tengah dan depan juga kita perkuat,” ujarnya.

Sementara itu, Pelatih Djadjang Nurdjaman hingga kini masih enggan berspekulasi soal kemungkinan menambah pemain. Djanur tampaknya ingin menjaga kondisi psikologis pemain tetap terjaga dan bisa fokus ke pertandingan sisa. “Untuk saat ini, belum waktunya bicara masalah evaluasi dan penambahan. Kita lihat saja perkembangannya,” tandas Djanur.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6911 seconds (0.1#10.140)