UCI siap selesaikan kasus Armstrong

Rabu, 29 Mei 2013 - 18:14 WIB
UCI siap selesaikan kasus Armstrong
UCI siap selesaikan kasus Armstrong
A A A
Sindonews.com - Presiden Federasi Balap Sepeda Internasional (UCI), Pat McQuaid ingin menjawab semua kritikan yang terus menghujani pikirannya terkait penggunaan doping yang dilakukan Lance Armstrong selama pembalap sepeda itu memenangi Tour de France sebanyak tujuh kali. Kini McQuaid yang menjabat presiden sejak tahun 2005 lalu, sedang menunggu kunjungan pria berkebangsaan Amerika Serikat tersebut di Swiss untuk mendengarkan semua keterangan yang disampaikannya terkait masalah doping.

Menurutnya, sebuah kesalahan besar jika Federasi seperti ini membiarkan masalah doping yang telah mencoreng reputasi olahraga sepeda di tingkat Internasional. Armstrong, 41 tahun, selain harus menjelaskan semua masalah doping kepada UCI, ia juga harus memberikan keterangan kepada Badan Anti Doping Amerika Serikat (USADA), dan Badan Anti Doping Dunia (WADA).

Hal ini merupakan upaya pembersihan doping dari olahraga sepeda. "Jika Armstrong memiliki informasi yang berharga untuk olahraga, maka ia harus tetap maju ke depan untuk menyelesaikannya," ujar McQuaid seperti dilansir Sport24, Rabu (29/5/2013).

McQuaid mengaku merasa tertipu ketika Armstrong mengakui keterlibatannya dalam penggunaan obat terlarang kepada Oprah Winfrey, Januari lalu. Baginya, keterangan itu membuatnya semakin yakin bahwa Armstrong mengetahui siapa saja yang menggunakan doping.

"Saya tertipu. Saya percaya tidak ada seorang pria begitu dekat dengan kematian akan pergi begitu saja yang telah membahayakan tubuh orang lain. Pengalamannya bisa memperbaiki reputasi olahraga ini ke depannya. Saya tidak berpikir UCI membuat kesalahan, karena dari statistik yang kami miliki. UCI justru sangat peduli dalam memerangi doping ini," tutupnya.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6117 seconds (0.1#10.140)