Ini alasan UCI ajukan banding

Sabtu, 01 Juni 2013 - 22:25 WIB
Ini alasan UCI ajukan banding
Ini alasan UCI ajukan banding
A A A
Sindonews.com - Presiden Federasi Balap Sepeda Internasional (UCI), Pat McQuaid membeberkan alasan mengajukan banding atas kasus yang menimpa dokter Eufemiano Fuentes. Menurutnya, pengadilan Spanyol tidak bisa menangani masalah doping ini secara serius.

Hal itu terbukti ketika persidangan yang dipimpin hakim Julia Patricia Santamaria bulan lalu hanya memberikan satu tahun hukuman kepada Fuentes. Padahal barang bukti kantong darah 211 yang disita sejak tahun 2006 lalu menjadi bukti bagaimana Fuentes berperan langsung dalam masalah doping yang telah menghancurkan atlet sepeda.

Sayang tapi prediksi yang selama ini diperkirakan bertolak belakang dengan kenyataannya. Patricia Santamaria justru ingin menghancurkan barang bukti tersebut. Hal itu yang membuat UCI beranggapan putusan hakim membuktikan masalah doping ini tidak benar-benar dapat diselesaikan dengan baik. Padahal sebelumnya sejumlah pihak seperti Badan Anti Doping Spanyol (AEA) dan Badan Anti Doping Dunia (WADA), ingin membuka kedok para atlet yang terlibat dalam penggunaan doping ini.

Surat pengajuan banding tersebut sudah diserahkan ke pengadilan, sebelum 17 Mei kemarin atau batas waktu yang sudah ditentukan sebelumnya. Ketika ditanya apa yang akan terjadi, jika benar kantong darah itu dihancurkan McQuaid mengatakan.

"Semua pihak yang selama ini memerangi masalah tersebut (doping) jelas kalah. Karena semua bukti yang didapatkan dengan mudah hilang begitu saja. Hal itu yang membuat kami (UCI) mengajukan banding," katanya yang kembali mencalonkan diri sebagai presiden UCI seperti dilansir Super Sport, Sabtu (1/6/2013).

"Budaya doping sudah terjadi di masa lalu, tapi sekarang kondisinya berbeda di mana kami justru berbalik melawan doping dari dunia olahraga," tutup McQuaid.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8129 seconds (0.1#10.140)