Patahkan kutukan seri

Jum'at, 14 Juni 2013 - 17:50 WIB
Patahkan kutukan seri
Patahkan kutukan seri
A A A
Sindonews.com - Derby Sumatera antara Pro Duta FC kontra PSLS Lhokseumawe di Stadion Teladan Medan, Sabtu sore ini (15/6) merupakan laga syarat gengsi. Itu lantaran keduanya merupakan tim promosi Indonesian Premier League (IPL) musim ini. Kedua tim bertekad untuk mengakhiri rekor tidak pernah menang.

Dari dua pertemuan sebelumnya, baik Pro Duta yang berjuluk Kuda Pegasus atau PSLS yang dijuluki Laskar Pase memang hanya berakhir seri. Namun, kali ini kedua tim butuh kemenangan untuk menjaga posisinya di klasemen sementara agar tidak tergelincir.

Di atas kertas, Pro Duta jelas unggul. Berada di tiga besar klasemen sementara IPL 2013 dengan 18 poin, skuad yang dibesut caretaker Slamet Riyadi ini bisa sedikit merasa di atas angin. Itu lantaran lawan yang dihadapi terpaut cukup jauh di bawah dengan hanya mengoleksi 11 poin.

Namun Slamet Riyadi tidak mau jemawa. Kendati di atas kertas timnya unggul, dia tidak mengharapkan kondisi itu justru menjadi bumerang bagi timnya. Apa lagi sebagai caretaker, marwahnya dipertaruhkan di laga ini.

"PSLS tetap bukan lawan yang mudah ditaklukkan. Menghadapi Pro Duta juga menjadi ajang kebangkitan bagi mereka setelah kalah dari Semen Padang. Tentunya hal itu yang akan kami waspadai," ujarnya kemarin.

Kendati dihuni sebagian besar materi pemain musim lalu, Slamet menilai, transformasi yang dilakukan di musim ini akan membuat perbedaan bagi calon lawan dari musim sebelumnya. Namun, Pro Duta yang telah merancang strategi dan taktik, siap maksimal di kandang.

Diperkirakan, duet pelatih Slamet Riyadi dan legenda sepak bola Sumatera Utara, Ansyari Lubis tidak akan banyak mengubah formasi dibanding pertandingan sebelumnya, hanya saja kali ini, sang kapten, Suyatno, dipastikan turun setelah menjalani hukuman akumulasi kartu kuning di pertandingan sebelumnya.

Di lini belakang, kuartet Ramadhani-Suyatno-Sutrisno dan Muhammad Syamer kemungkinan akan menjadi tembok tangguh Pro Duta dalam menghalau serangan lawan. Di posisi pemain tengah, Abdul Majid Mony, Agus Pranoto, dan Rahmad Hidayat sebagai pengatur ritme bertahan dan menyerang sedangkan trisula penyerang, Gozali Muharram, Yusuf Efendi dan Girts Karlsons siap memainkan peranannya mengacak-acak pertahanan lawan.

Dari segi penyerangan, kali ini, Pro Duta yang mengubah gaya menyerang dengan serangan cepatnya, kembali mendapat ujian ini belakang tim besutan pelatih Nasrul Koto setelah sukses menceploskan tiga gol ke gawang Persiraja di pertandingan sebelumnya. Menurut Slamet, gol cepat yang bersarang ke gol lawan akan turut mengubah performa lawan karena mental yang turun.

"Tipe permainan Beto (pelatih Pro Duta sebelumnya Roberto Bianchi) kami lanjutkan. Mungkin ada perubahan dengan gaya saya. Saya rasa enggak ada perubahan sirlukasi permainan, agar bermain jangan terburu-buru, hanya berubah di taktik menyerang, tetapi selebihnya sama," ungkapnya.

Dengan misi yang hampir sama, PSLS dipastikan tidak akan menyia-nyiakan peluang untuk meraih hasil maksimal di kandang Pro Duta setelah gagal merengkuhnya saat bertandang ke markas Semen Padang, Stadion H Agus Salim, Padang(Rabu (12/6) lalu. Mencuri poin dari tim tuan rumah akan membuat tim tamu pulang dengan kepala tegak.

Namun, Ghozali Muharram Siregar siap menghalangi upaya tim tamu. "Ya, kami menilai permainan kami terus berkembang. Dan mudah-mudahan kerjasama tim yang baik besok akan membuat kami terus melanjutkan rekor positif Pro Duta dan meloloskan ambisi di empat besar di akhir putaran I. Kami memohon doa dan dukungan masyarakat Kota Medan karena Pro Duta merupakan tim Medan di IPL yang butuh dukungan publik," ungkapnya.


Perkiraan Pemain Pro Duta (4-3-3)

Penjaga Gawang: Dennis Romanovs
Belakang : Rahmadhani, Sutrisno, Suyatno, Muhammad Syamer
Tengah : Abdul Majid Mony, Agus Pranoto, Rahmad Hidayat,
Depan : Ghozali Muharram, Yusuf Efendi, Girts Karlsons
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5380 seconds (0.1#10.140)