Dikepung aksi demontrasi, Brasil terjunkan 50 ribu polisi

Kamis, 20 Juni 2013 - 14:39 WIB
Dikepung aksi demontrasi,...
Dikepung aksi demontrasi, Brasil terjunkan 50 ribu polisi
A A A


Sindonews.com - Aksi demontrasi warga Brasil yang mewarnai Piala Konfederasi 2013, membuat Brasil mengerahkan polisi federal untuk melindungi tempat-tempat pertandingan sepak bola Piala Konfederasi, sementara demonstrasi menentang pengeluaran pemerintah meluas menjadi ksi kekerasan.

Di kota dengan penduduk terpadat di Brasil, Sao Paulo sekitar 50 ribu orang berkumpul di katedral utama. Meskipun umumnya berlangsung damai, demonstrasi itu hari Selasa dihadiri 250 ribu orang dari seluruh Brazil, di mana sekelompok kecil kelompok radikal memisahkan diri untuk berkelahi dengan polisi dan menjarah toko-toko.

" Pasukan Nasional polisi khusus akan dikirim ke 5 – 6 kota di mana pertandingan Piala Konfederasi akan dilangsungkan," tulis Kementerian Kehakiman Brasil, seperti dilansir voa

Demonstrasi pertama terjadi pekan lalu untuk memprotes tingginya biaya transportasi umum. Rakyat Brazil mengatakan mereka dibebani tingginya pajak dan harga-harga, tetapi hanya mendapat layanan publik berkualitas rendah dan korupsi dalam pemerintah.

Para demonstran juga marah pada pemerintah karena menghabiskan milyaran dollar untuk menyelenggarakan pertandingan sepak bola Piala Dunia tahun depan dan Olimpiade tahun 2016, padahal kebutuhan lainnya tidak terpenuhi.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0497 seconds (0.1#10.140)