Mencari bibit baru olahragawan air

Jum'at, 28 Juni 2013 - 14:02 WIB
Mencari bibit baru olahragawan air
Mencari bibit baru olahragawan air
A A A
Sindonews.com - Kesempatan Indonesia dalam festival derawan bukan hanya menarik para wisatawan. Tetapi potensi mencari bibit olahragawan air menjadi tujuan dan kesempatan sambil memanfaatkan sumber daya alam terutama laut yang ada.

Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) agung Laksono mengatakan, bagian dari program festival derawan bukan hanya promosi destinasi turis yang sangat potensial. Namun, sambil memanfaatkan sumber daya alam. Yang cocok dipergunakan untuk olahraga air.

"Banyak olahraga yang bisa dilakukan guna memanfaatkan laut yang ada di Kepulauan Berau seperti selam, daiving dan selancar," tandasnya saat ditemui setelah melepas perlombaan selam 3000 meter di dermaga pelabuhan Tanjung batu kalimantan timur (Kaltim).

Agung mengatakan, laut dermaga tanjung batu ini pernah menjadi pemecah rekor nasional dalam olahraga selam. Untuk itu, diharapkan peran aktif Pemda untuk dapat mengagendakan rutin kegiatan seperti festifal ini secara nasional dan internasional guna mencari bibit dari daerah kalimantan khususnya Kalimantan Timur.

"Jika memang Kalimantan Timur siap dalam persiapan yang matang dan mampu sesuaikan dalam tingkat nasional maka akan diupayakn untuk dapat dilakukan sail derawan," ujar dia.

Menurutnya, dengan diadakannya lomba seperti ini dapat diupayakan agar bisa mengadakan lomba untuk internasional. Hal ini menjadi nilai tambah kepada Kepulauan Berau bukan hanya mendatangan para wisatawan dalam kehindahan alamnya tetapi juga olahraganya.

Lanjut dia, semua ini huga harus dimbangi oleh sarana dan prasarana. Saat ini, sudah disediakannya wisma atley dan pelatihan olahraga. Guna melakukan pendidikan olahraga agar merejka dapat profesional.

"Pemda Kabupaten dan provinsi dapat menyiadakan para pelatih untuk memfasilitasi bibit olahragawan agar mereka dapat menjadi atlet selam internasional," tegasnya.

Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak mengatakan dalam festival derawan terdapat banyak olahraga air sesuai dengan potensi alam yang ada disini. Perlombaan ini bukan hanya untuk para remaja tetapi juga untuk para senior yang sudah berumur diatas 50 tahun.

"Sudah terdaftar 300 orang saat ini. Ini menunjukan antusias yang sangat tinggi," ujarnya.

Selain olahraga air, turnamen seperti terjun payung, dan relly juga akan diselenggarakan. Kedepanya, lanjut dia, dengan diadakanya festifal derawan, diharapkan dapat menjadi kebangkitan olahraga di Kalitim termasuk pada sektor pariwisata.

"Kita (kaltim) pernah jaya menjadi posisi ke tiga nasional di PON ke-17 setelah Jawa Timur (Jatim), DKI Jakarta dan Kaltim," kata dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, untuk menjaga limbah dan kebersihan laut, Pemda memperbanyak tempat pembuangan sampah dan memasukan pembelajaran dimuatan lokal baik itu sekolah dan universitas untuk sama-sama menjaga kebersihan laut dan daerah khususnya.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7257 seconds (0.1#10.140)