Tommy loncat ke peringkat tujuh dunia

Selasa, 02 Juli 2013 - 13:09 WIB
Tommy loncat ke peringkat...
Tommy loncat ke peringkat tujuh dunia
A A A
Sindonews.com - Keberhasilan Tommy Sugiarto tampil mengesankan di dua turnamen terakhir, semifinalis Indonesia Terbuka dan juara Singapura Terbuka lalu, berhasil mendongkrak peringkatnya di dunia. Putra pebulu tangkis, Icuk Sugiarto yang sebelumnya menduduki peringkat ke-20, kini berhasil loncat 13 posisi ke urutan ketujuh.

Hal ini didapat ketika Tommy berhasil mengalahkan sejumlah lawan unggulan di dua turnamen terakhir tersebut. Mereka adalah Chen Long (peringkat kedua dunia), Wong Wing Ki (Peringkat 11 dunia), dan Boonsak Ponsana (peringkat empat dunia).

Tommy mengakui, prestasi yang diukirnya tersebut berawal ketika ia mengalahkan Chen Long di babak pertama Indonesia Terbuka bulan lalu. Bahkan ia meminta agar prestasi ini bisa diikuti rekan senegaranya.

"Saya akui, semangat dan motivasi saya memang begitu tinggi setelah mengalahkan Chen Long di Indonesia Terbuka. Ini menunjukkan bahwa tidak ada yang tidak mungkin terjadi di lapangan asal kita mau melakukannya. Motivasi dan kerja keras itu akhirnya membuahkan hasil," ujar Tommy dilansir Satlak Prima, Selasa 92/7/2013).

Saya harap teman-teman yang lain juga melakukan hal yang sama untuk mengembalikan kejayaan bulutangkis Indonesia ke ranah dunia."

Ia menambahkan, selama ini pemain Indonesia seperti termakan mitos bahwa pemain China sulit dikalahkan. Bila kondisi itu menjadi momok bagi pemain Indonesia, maka itu harus dihilangkan. Dan ternyata bisa.

“Semua tergantung kepada kita bagaimana mempersiapkan diri. Termasuk menghadapi lawan yang lebih baik peringkatnya daripada kita. Saya belajar banyak dari kekalahan demi kekalahan yang dialami sebelum sampai di Indonesia Terbuka. Lantaran sering kalah sehingga harus mendapat undian buruk dengan bertemu pemain unggulan di babak awal. Tapi saya bertekad untuk menang, dan ternyata Tuhan mengabulkan,” lanjut Tommy.

Tommy sendiri saat ini menjadi pebulu tangkis tunggal putra Indonesia yang berada di peringakt teratas dunia. Sementara Sony Dwi Kuncoro yang sebelumnya menempati peringkat keempat harus puas terlempar ke urutan kesepuluh. Nasib buruk justru dialami Simon Santoso.

Tunggal putra Indonesia yang melewatkan sejumlah turnamen penting membuatnya terjun bebas ke posisi-48 dari enam di dunia. Dionysius Hayom Rumbaka yang sempat mengalahkan peringkat tiga dunia, Du Pengyu dari China di Indonesia Terbuka kini berada di peringkat 26.
(irc)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9737 seconds (0.1#10.140)