FIFA bekukan Kamerun

Jum'at, 05 Juli 2013 - 09:11 WIB
FIFA bekukan Kamerun
FIFA bekukan Kamerun
A A A
Sindonews.com - Komite Darurat Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) untuk sementara membekukan keanggotan Asosiasi Sepak Bola Kamerun (FECAFOOT) karena adanya intervensi dari pemerintah.
Intervensi yang dilakukan pemerinta setempat adalah dalam urusan pemilihan Mohammed Iya sebagai presiden Asosiasi Sepak Bola Kamerun (FECAFOOT) bulan lalu.
Pada 19 Juni, Mohammed Iya terpilih kembali untuk posisi tersebut, padahal dia sedang diinvestigasi atas dugaan penyelewengan keuangan di sebuah perusahaan milik negara Kamerun. Kemenangan Mohammed Iya lalu dibatalkan setelah ada komplain dari kandidat-kandidat yang kalah.
Akibat hal itu, FIFA pun menjatuhkan sanksi kepada FECAFOOT karena dinilai membiarkan oihak ketiga ikut campur jalannya federasi mereka. Tapi, hukuman ini bersifat cobaan dan akan dicabut begitu FECAFOOT bisa menjalankan lagi semua kegiatan secara independen.
Agar permasalahan cepat selesai, FIFA akan membentuk Komite Normalisasi guna memperbaiki kembali FECAFOOT dan melakukan pemilihan ulang sebelum 31 Maret 2014.
Selama FECAFOOT dibekukan, Kamerun dilarang beraktivitas di kompetisi regional, kontinental maupun internasional, termasuk di level klub dan laga uji coba.
Kamerun pun terancam tak dapat melakoni partai vital kualifikasi Piala Dunia 2014 melawan Libya pada 6 September mendatang. Skenario terburuknya, mereka bahkan bisa dicoret dari kualifikasi menuju turnamen akbar di Brasil tahun depan tersebut.
(dka)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.6057 seconds (0.1#10.140)