Asafa Powell bantah konsumsi doping

Senin, 15 Juli 2013 - 13:59 WIB
Asafa Powell bantah konsumsi doping
Asafa Powell bantah konsumsi doping
A A A
Sindonews.com - Sprinter Jamaika, Asafa Powell membantah jika dirinya terlibat dalam penggunaan doping selama beberapa tahun terakhir. Sehingga timnya saat ini sedang melakukan penyelidikan untuk mengungkap kebenaran terkait masalah ini.

Diketahui, mantan pemilik rekor dunia lari 100 meter itu dinyatakan positif menggunakan stimulan terlarang dalam uji coba nasional, bulan lalu. Powell diduga menggunakan oxilofrine (methulsynephrine). Atas terungkapnya masalah ini, dia pun terancam tak bisa ikut Kejuaraan Dunia.

"Saya tidak pernah menggunakan doping. Sekarang tim tengah melakukan penyelidikan internal, bahkan kami bekerja sama dengan instansi terkait serta penegak hukum untuk menemukan bagaimana keterangan itu bisa muncul," ujar Powell dilansir TheGuardian, Senin (15/7/2013).

Pelari berusia 30 tahun tersebut merasa kabar ini membuatnya karir hancur. Pasalnya, Powell akan segera mengikuti Kejuaraan Dunia di Moskow pada Agustus nanti. Bisa dibilang, absennya Gay dan Powell tentu menguntungkan Usain Bolt. Saingan Bolt untuk menjadi yang terbaik di Kejuaraan Dunia berkurang.

Kendati begitu, Powell tetap memiliki keyakinan jika dirinya tidak terlibat terlibat dalam penggunaan doping tersebut. Ia pun siap jika sewaktu-waktu instansi terkait memintanya untuk menguji sampel darah.

"Saya jamin kami akan mengetahui bagaimana zat ini bisa melewati pemeriksaan ketat yang dilakukan internal kami. Sikap saya terhadap pertaruran dan pengujian dopung sudah sangat jelas. Sekarang saya rela untuk memberikan sampel setiap kali diminta," tambahnya.

"Kabar ini meninggalkan jejak yang negatif terhadap diri saya, dan saya benar-benar hancur dengan ini. Temuan ini bisa dikatakan bahwa saya kemungkinan tidak akan ambil bagian di kontingen Jamaika yang akan bersaing di Kejuaraan Dunia di Moskow, Agustus nanti," pungkasnya.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1206 seconds (0.1#10.140)