Timnas Street Soccer bidik juara I Homeless World Cup

Rabu, 17 Juli 2013 - 02:16 WIB
Timnas Street Soccer bidik juara I Homeless World Cup
Timnas Street Soccer bidik juara I Homeless World Cup
A A A
Sindonews.com - Tim nasional street soccer yang akan berlaga di ajang Homeless World Cup (HWC) 2013 di Polandia pada 10-18 Agustus akhirnya terbentuk. Tim yang beranggotakan delapan pemain ini pun diperkenalkan di Bandung Creative City Forum (BCCF), Jalan Purnawarman, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (16/7/2013).

Delapan pemain berasal dari lima provinsi yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Bali. Mereka merupakan pemain hasil seleksi dari 72 pemain yang berasal dari sembilan provinsi pada ajang League of Change pada Maret lalu di Bandung.

Tak tanggung-tanggung, timnas membidik gelar juara dalam HWC kali ini setelah sebelumnya meraih peringkat enam dan empat dalam dua pelaksanaan HWC terakhir.

"Kita menargetkan bisa meraih gelar juara dalam HWC sekarang. Kita sadar itu butuh perjuangan keras. Tapi kita akan berjuang dan mudah-mudahan target itu bisa tercapai," ujar Ahmad Faizin, kapten timnas street soccer.

Untuk mewujudkan ambisi itu, seluruh anggota timnas sudah mempersiapkan diri sebaik mungkin. Mereka berlatih keras dalam beberapa bulan terakhir.

Timnas bahkan sempat digembleng kelompok pencinta alam Wanadri di Gunung Kareumbi agar memiliki mental yang tangguh dan kompak. Sedangkan saat ini, mereka pun terus berlatih meski sedang berpuasa.

"Para pemain tetap berlatih dua kali sehari. Latihan fisik sebelum sahur, sedangkan latihan sore untuk latihan teknik dan taktik," kata Manajer Timnas, Kheista Leonie Christianti.

HWC sendiri merupakan kompetisi sepakbola internasional tahunan. Mereka yang bermain adalah orang yang punya permasalahan ketunawismaan dan termarjinalkan. Pecandu dan orang dengan HIV/AIDS (ODHA) juga jadi bagian dari turnamen ini.

Melalui HWC, para pemain punya kesempatan sekali seumur hidup untuk mewakili negaranya dan mengubah kehidupannya. HWC didukung UEFA dan klub besar dunia seperti Manchester United, Real Madrid. Legenda Manchester United Eric Cantona, Rio Ferdinand, dan Didier Drogba juga ikut mensupport kegiatan ini.

Timnas sendiri beranggotakan pemain dari berbagai provinsi dengan ragam latar belakang. Tiga di antara mereka adalah ODHA, empat perwakilan warga miskin kota, dan satu pecandu narkoba.

Ini delapan pemain yang akan mewakili Indonesia di ajang HWC 2013:
1. Mifta Sano Sudrajat (DKI Jakarta)
2. Nico Pernando (Jawa Barat)
3. Ahmad Faizin (Jawa Tengah)
4. Ricky Irawan (Jawa Barat)
5. Dimas Saputra Ramadan (Jawa Timur)
6. Sendi (Jawa Barat)
7. U Yakub (Jawa Barat)
8. I Wayan Arya Renawa (Bali)
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6509 seconds (0.1#10.140)