Menebak calon pengganti Vilanova di Barca

Sabtu, 20 Juli 2013 - 15:53 WIB
Menebak calon pengganti Vilanova di Barca
Menebak calon pengganti Vilanova di Barca
A A A
Sindonews.com - Mundurnya Tito Vilanova sebagai pelatih Barcelona tentu mengejutkan banyak pihak meski hal ini hampir bisa diprediksi sebelumnya setelah Vilanova sedang menderita penyakit serius. Kini pertanyaan yang timbul ialah siapa yang akan menggantikan posisi Vilanova sebagai arsitek baru La Blaugrana.

Sebelumnya Presiden Barcelona, Sandro Rosell saat mengumumkan kepergian Vilanova memperkirakan nama baru pelatih Barcelona akan diketahui paling cepat muncul pekan depan. Kandidat mungkin bisa dari orang terdekat klub seperti Jordi Roura dan Rubi, sayangnya mereka dinilai kurang berpengalaman. Tidak seperti Vilanova yang turut dalam kesuksesan Barca di era Josep 'Pep' Guardiola saat menjadi asisten selama lima tahun.

Pilihan lain klub asal Catalan itu harus menjadi orang luar dan mencari orang yang sudah kenal dengan gaya permainan unik Barca. Hal ini tentu sulit dan bukan perkara mudah, pasalnya musim baru segera dimulai kurang dari sebulan lagi sehingga menunjuk pelatih yang tidak terbiasa dengan klub dan sistem permainan yang sudah terbangun serta cepat beradaptasi sangat susah.

Spekulasi yang beredar nama pelatih Tottenham Hotspur, Andre Villas-Boas muncul sebagai kandidat pertama, namun pelatih asal Portugal itu dengan cepat memilih enggan dihubungkan dengan Barca. Kandidat yang paling jelas untuk melanjutkan kejayaan Barcelona adalah legenda Belanda Johan Cruyff, sebagai salah satu orang yang merancang sistem permainan 'tiki-taka' saat dia menjabat manajer di tahun 1988.

Sayang hubungan buruk Cruyff dengan presiden klub Rosell membuatnya namanya tidak mungkin dipilih. Selanjutnya pelatih Swansea City, Michael Laudrup, yang kini menjadi favorit di antara penggemar Barca bisa menjadi kandidat terkuat meski pelatih asal Denmark itu akan berat hati meninggalkan klub asuhannya yang tengah naik daun.

Nama lain yang masuk dalam daftar adalah Luis Enrique yang baru ditunjuk melatih Celta Vigo, mantan gelandang Barcelona ini dikenal sebagai pemain berbakat dan pekerja keras. Tapi karena baru membesut Celta, kapasitasnya belum teruji dan sulit berlabuh di Camp Nou. Selain nama-nama di atas, sejumlah pelatih seperti Roberto Mancini, Jurgen Klopp dan Jupp Heynckes juga bisa menjadi kandidat kuat. Selanjutnya kini kita tinggal menunggu siapa yang akan dipilih presiden klub Sandro Rosell, pekan depan sebagai pelatih baru di Camp Nou.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7615 seconds (0.1#10.140)