Pengakuan Zabel jadi boomerang

Kamis, 01 Agustus 2013 - 12:35 WIB
Pengakuan Zabel jadi boomerang
Pengakuan Zabel jadi boomerang
A A A
Sindonews.com - Pengakuan Erik Zabel terkait masalah doping yang telah dikonsumsinya selama bertahun-tahun, ternyata berbuntut panjang. Pembalap sepeda yang resmi mengundurkan diri sebagai anggota penasehat Federasi Balap Sepeda Internasional (UCI) beberapa hari yang lalu, kini harus mendapatkan pil pahit ketika Team Katusha resmi membuat pernyataan bahwa mereka memutuskan untuk memecatnya dari tim.

Zabel mengakui keterlibatannya dalam penggunaan doping Bloodbooster Erythropoietin (Epo) pada sebuah surat kabar di Jerman (Sueddeutsche Zeitung), beberapa hari lalu. Pengakuan Zabel muncul beberapa hari setelah namanya termasuk dalam laporan pemerintah Prancis yang mengidentifikasikan para pebalap yang terbukti positif menggunakan EPO, selama Tour de France 1998.

Selain tergabung dengan UCI, Zabel 43 tahun juga menerima tawaran dari team Katusha untuk menjadi pelatih sprint mereka sejak tahun 2012 lalu. Namun dengan semua bukti yang telah dibeberkannya itu, jelas hal itu membuat tim was-was dan mereka memutuskan untuk memecatnya sebagai pelatih.

Team Katusha beralasan, pemecatan yang dilakukannya itu sangat tepat. Pasalnya, mereka sangat menginginkan staf maupun para atletnya besih dari zat terlarang ini. "Tim Rusia (Katusha) mengkonfirmasi bahwa kami resmi memecat Zabel sebagai pelatih, setelah mengetahui fakta-fakta baru tentang doping selama karirnya bersepeda terungkap di media," demikian pernyataan resmi Katusha dilansir Super Sport, Kamis (1/8/2013).

"Sebagai anggota Mouvement Pour un Cyclisme Kredibel (MPCC), Katusha mengikuti kebijakan anti-doping yang kuat."
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8211 seconds (0.1#10.140)