Penetapan kick-off putaran kedua IPL cacat!

Jum'at, 23 Agustus 2013 - 18:07 WIB
Penetapan kick-off putaran...
Penetapan kick-off putaran kedua IPL cacat!
A A A
Sindonews.com - PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS) telah menetapkan putaran kedua kompetisi Indonesian Premier League (IPL) digelar mulai 4 September mendatang. Namun, tidak semua peserta IPL memandang positif keputusan tersebut.
Nada tentangan atas digelarnya putaran kedua IPL, kembali diembuskan Semen Padang. Kabau Sirah, julukan Semen Padang, yang berstatus sebagai pimpinan klasemen sementara IPL, menilai ketetapan tersebut cacat. Jika hal itu dipaksakan, otomatis IPL akan rampung pada 17 November 2013.

Padahal menurut manajemen Semen Padang, PSSI akan kembali menggelar kompetisi mendatang pada Januari 2014. Dengan fakta yang ada, menilai ketetapan digelarnya putaran kedua IPL, malah membuat klub-klub yang berkompetisi di IPL mengalami kendala jadwal.

''Kalau begitu, kompetisi sendiri akan selesai pada 17 November. Dengan adanya jadwal seperti itu, pasti akan menyulitkan klub untuk menjalani persiapan di kompetisi tahun 2014,” ungkap Ketua Umum (Ketum) Semen Padang, Erizal Anwar.

Menurut Erizal, jika ada klub yang berkeinginan keluar atau mundur dari kompetisi IPL, malah akan berbuah sanksi bagi si klub itu sendiri. Padahal, tambah Erizal, kompetisi IPL sendiri sudah tidak sehat.

''Jika ada klub yang menyatakan mundur (dari IPL), akan berbahaya bagi si klub itu sendiri. Karena akan ada sanksi yang membayangi. Menurut saya, klub akan lebih memilih dibubarkan oleh PSSI, dari pada mengambil jalan mengundurkan diri,” jelasnya.

Semen Padang sendiri, memang jadi salah satu klub yang paling keras menyuarakan agar IPL dibubarkan. Hal itu mulai kencang berembus, setelah PSSI mengumpulkan pengurus LPIS dan beberapa klub IPL, 2 Agustus lalu, di Hotel Sultan, Jakarta. Dimana dalam pertemuan tersebut, dihadiri emam klub IPL dimana salah satunya Semen Padang. ''Kalau tidak ada kucuran dana, akan lebih baik disetop (kompetisi IPL),” tegas Erizal.

Sebelumnya Head of Competition LPIS, Hendriyana menjelaskan, usia libur lebaran IPL akan kembali diputar pada 1 September. Dimana pada tanggal tersebut, digelarnya partai tunda yang seharusnya digelar pada putaran pertama antara Persiba Bantul menjamu Persebaya Surabaya.

Setelah jeda dua hari, yaitu pada tanggal 4 September, IPL putaran kedua baru benar-benar diputar. LPIS menjadwalkan tujuh pertandingan yang akan diputar. Laga-laga yang akan dimainkan antaranya Arema kontra Pro Duta, Persija Jepara versus Persiraja Banda Aceh, dan Persija IPL menjamu PSLS Lhokseumawe.

Empat pertandingan lain yang akan dihelat adalah laga Perseman Manokwari kontra Persepar Palangkaraya, PSM Makassar menjamu Persibo Bojonegoro, Bontang FC kontra Persema Malang. Satu laga sisa akan kembali dimainkan Persebaya. Dimana tim berjuluk Bajul Ijo tersebut, akan ditantang PSIR Rembang.

''Ada beberapa pertimbangan yang membuat jadwal akhirnya diundur (24 Agustus ke 4 September). Setelah banyaknya telepon atau surat yang masuk ke LPIS. Intinya minta adanya revisi jadwal. Tapi tentu saja pada akhirnya, tidak semua permintaan kami luluskan,” terang Hendriyana.

''Dari masukan-masukan itu, kami lakukan sinkronisasi. Laporan pun sudah kami sampaikan kepada PSSI. Sambil menunggu remomendasi Komdis (Komisi Disiplin), ya kami jalan dulu. Untuk pertandingan putaran kedua kompetisi Divisi Utama, juga akan dimulai 1 September. Jadwal akan segera kami umumkan,” tutupnya.

Agenda Putaran Kedua IPL :

1 September 2013 ;
Persiba Bantul vs Persebaya Surabaya (Laga tunda putaran pertama IPL)
4 September 2013 ;
Arema Indonesia vs Pro Duta
Persijap Jepara vs Persiraja Banda Aceh
Persija IPL vs PSLS Lhokseumawe
Perseman Manokwari vs Persepar Manokwari
PSM Makassar vs Persibo Bojonegoro
Bontang FC vs Persema Malang
Persebaya Surabaya vs PSIR Rembang
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1192 seconds (0.1#10.140)