PSSI Jateng dan Jogja prihatin perang suporter

Rabu, 04 September 2013 - 21:46 WIB
PSSI Jateng dan Jogja prihatin perang suporter
PSSI Jateng dan Jogja prihatin perang suporter
A A A
Sindonews.com - PSSI Jateng menyesalkan terjadinya bentrok yang terjadi antara suporter tuan rumah Persis Solo dan suporter PSS Sleman, Rabu (4/9). Sekum PSSI Jateng Johar Lin Eng menilai, kejadian bentrok tersebut seharusnya tidak perlu terjadi, apabila pihak keamanan dan panpel melakukan antisipasi.

Menurutnya, panpel dan keamanan harus belajar dari pengalaman pertemuan kedua tim yang sudah beberapa kali terlibat bentrok. "Bentrok kali ini kan bukan yang pertama, sudah yang kesekian kalinya seharusnya, bisa diantisipasi," kata Johar.

Dia juga menilai, seharusnya para suporter semakin dewasa dalam mendukung tim kesayangannya. Mendukung tim memang dibutuhkan loyalitas, tetapi jangan sampai loyalitas yang salah kaprah, dan mengarah pada anarkisme.

"Boleh-boleh saja, kalau mau mendukung tim, tapi harusnya suporter, juga menjunjung tinggi cita-cita sportivitas, persaudaraan, jangan sampai fanatisme berlebihan akhirnya menjurus ke perpecahan. Harus suporter juga perlu instropeksi, karena dengan kejadian bentrok, yang dirugikan tidak hanya suporter sendiri, tetapi juga, tim dan masyarakat," tandasnya.

Hal yang sama diungkapkan oleh, Sekum PSSI Yogyakarta Dwi Irianto. "Kami prihatin dengan kejadian ini," katanya.

Menurutnya, masih seringnya kejadian bentrok antar suporter, akan sangat mengganggu proses unifikasi (penyatuan) Liga antara ISL dan IPL. "Tahun 2014 sepak bola Indonesia akan disatukan, ini adalah kemenangan sepak bola Indonesia, jadi jangan dicederai dengan aksi-aksi suporter yang anarkistis," ujarnya.

Dia menilai, memang butuh solusi kongrit untuk menghentikan bentrok antara suporter yang selama ini masih sering terjadi di Indonesia. "Saya berharap ada solusi yang jelas. Salah satunya mungkin yang bisa dilakukan ke depan adalah PSSI menjalin kerja sama dengan Polri," tandasnya.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8418 seconds (0.1#10.140)
pixels