Afrika Selatan gagal lolos ke Piala Dunia 2014

Minggu, 08 September 2013 - 02:10 WIB
Afrika Selatan gagal lolos ke Piala Dunia 2014
Afrika Selatan gagal lolos ke Piala Dunia 2014
A A A
Sindonews.com - Timnas Afrika Selatan dipastikan absen di Piala Dunia 2014 setelah mereka gagal melaju ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Afrika.

Dalam pertandingan di Moses Mabhida Stadium, Durban, Sabtu (7/9). Tim Bafana-Bafana menang 4-1 atas Botswana dalam laga lanjuta kualifikasi Piala Dunia Grup A. Namun, hasil tersebut tidak cukup membawa Afsel lolos ke babak selanjutnya.
Kemenangan 2-1 Ethiopia atas Republik Afrika Tengah yang telah membuyarkan impian tuan rumah Piala Dunia 2010 itu untuk bermain di Brasil tahun depan. Itumeleng Khune dkk hanya menempati posisi runner-up dengan 11 poin.

Dituntut untuk meraih kemenangan agar bisa lolos ke babak final kualifikasi, tuan rumah langsung mengambil inisiatif penyerangan. Gol pertama Afsel dicetak oleh Kermit Erasmus pada menit ke-27, Dean Furman kemudian menggandakan keunggulan sebelum babak pertama usai.

Di babak kedua, gawang tuan rumah yang kebobolan lewat gol Jerome Ramatlhakwana di menit ke-73. Sebelum akhirnya Bernard Parker mencetak dua gol dalam tempo waktu lima menit.

Sayangnya, hal itu tidak cukup untuk mengamankan tempat di babak play-off karena Ethiopia juga berhasil meraih tiga poin. Dan, Afsel pun gagal memainkan bagian dalam turnamen musim panas mendatang.

Sedangkan, Ethiopia menyusul langkah 5 negara lain yang telah lolos ke babak ketiga. Kelima negara itu adalah Pantai Gading, Ghana, Nigeria, Mesir, dan Aljazair.

Babak ketiga merupakan babak final Pra Piala Dunia zona CAF. Di babak ini, 10 negara akan melakoni play-off dengan format kandang-tandang. Lima negara akan menjadi wakil Afrika di Piala Dunia.
(dka)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6934 seconds (0.1#10.140)