Dongkrak mental Wong Kito muda di Menpora Cup

Selasa, 10 September 2013 - 16:59 WIB
Dongkrak mental Wong Kito muda di Menpora Cup
Dongkrak mental Wong Kito muda di Menpora Cup
A A A
Sindonews.com - Tidak ada waktu istirahat bagi semua pemain Sriwijaya FC (SFC) U-21. Mereka dipersiapkan menghadapi Piala Menpora 2013. Sebenarnya, kalau melihat kondisi fisik dan skill pemain, sang nakhoda tinggal memoles beberapa bagian.

Menurut pelatih kepala SFC U-21 Subangkit, usai mengikuti prosesi arak-arakan keliling kota Palembang, Senin (9/9) lalu, dirinya langsung diperintahkan manajemen untuk tetap memberikan program latihan pada Rizky Dwi Ramadhana dkk. ''Ya memang benar, kami saat ini terus berlatih. Karena dari manajemen mengatakan bahwa ada pemain SFC U-21 yang akan ikut pada ajang Menpora Cup,” jelas kata Subangkit.

Pria asal Pasuruan ini menuturkan, dalam latihan yang waktunya sangat sempit karena Menpora Cup akan digelar pada tanggal 20 September nanti, maka dirinya akan membagi program latihan. ''Kalau untuk strategi, skill dan fisik, saya rasa mereka sudah bisa dan memahami apa yang diinstruksikan pelatih. Namun ada hal yang paling penting, yakni meningkatkan mental mereka. Baik itu mental individu maupun ketika mereka bersatu sebagai tim,” tuturnya.

Untuk meningkatkan mental pemain muda inilah, sambung Subangkit, membutuhkan cara yang berbeda dengan meningkatkan skill, strategi ataupun fisik pemain. Pasalnya, ini menyangkut bagaimana psikologis dari semua pemain.

''Waktu kami memang sedikit, tapi ada keuntungan karena anak-anak baru saja mendapatkan gelar juara. Jadi walaupun ada sedikit lelah, namun psikologis mereka sedang berada pada tingkat yang bagus. Kondisi inilah yang harus dipertahankan dan harus dijaga. Jangan sampai, saat mereka berhadapan dengan tim-tim besar seperti Persib dan tim dari luar, tiba-tiba nge-drop,” tandasnya.

Subangkit sendiri belum mengetahui apakah nanti semua pemain SFC U-21 akan diberdayakan pada Menpora Cup itu atau hanya sebagian. Namun, pelatih yang bisa mendongkrak kerja keras pemain muda ini, telah menyiapkan semua pemain utama, jika dirinya dipercaya manajemen untuk membawa tim SFC U-21.

Nama-nama yang biasa masuk starter pada kompetisi Indonesia Super League (ISL) U-21 seperti Teja Paku Alam (penjaga gawang), Dere Halman, Makhrus Avif, Vava Mario Yagalo, Arief Gangsar Patar, Novri Setiawan, Hapit Ibrahim, Rivan Nahumarury, Alan Martha, Ichsan Kurniawan dan Rizky Dwi Ramadhana, berpeluang menjadi pilihan utama lagi.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7319 seconds (0.1#10.140)