Bantul-Jepara, tuan rumah play off LPI

Kamis, 03 Oktober 2013 - 18:16 WIB
Bantul-Jepara, tuan rumah play off LPI
Bantul-Jepara, tuan rumah play off LPI
A A A
Sindonews.com - Opsi play off akhirnya menjadi pilihan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk mendapatkan tim tim Liga Primer Indonesia yang akan berkompetisi di liga hasil unifikasi musim depan. Opsi tersebut dipilih, setelah PSSI menghentikan dan mengambil alih LPI dari asuhan PT. Liga Prima Indonesia Sportindo. Dua tempat yakni Bantul dan Jepara pun telah dipilih sebagai tempat pelaksanaan play off.

"Komite Eksekutif (Komeks) PSSI sudah sepakat proses melalui play off dan dilanjut ke tahapan verifikasi," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Joko Driyono di kantor PSSI, Jakarta, Kamis (3/10/2013).

Play off akan diikuti 10 klub LPI setelah satu tim yakni, Semen Padang mendapatkan wild card untuk langsung ke tahap verifikasi tanpa melalui play off. Wild card diberikan setelah Semen Padang dianggap cukup berprestasi di ajang regional yakni Piala AFC.

Nantinya, 10 klub itu akan dibagi ke dalam dua grup. Sistem setengah kompetisi pun akan digunakan untuk memilih tiga terbaik dari dua grup itu. Setelah itu, tiga tim tersebut akan menjalani tahap verifikasi bersama Semen Padang. Empat tim yang mendapat skor tertinggi masuk ke kompetisi musim depan.

Mengenai pemilihan Jepara dan Bantul, Jokdri, sapaan akrab Joko Driyono mengungkapkan alasannya. "Kami menawarkan lebih dulu ke semua peserta play off. Dari aspek infrastruktur Stadion Gelora Bumi Kartini (Jepara) dan Stadion Sultan Agung (Bantul) memenuhi syarat terkait kualitas lampu dan lapangan. Kedua adalah aspek geografis dimana kedua kota itu ada ditengah-tengah," paparnya.

Terkait drawing 10 tim tersebut, aspek geografis menjadi pertimbangan PSSI. Nantinya tim yang memiliki kedekatan geografis dipastikan tidak ada dalam satu grup. Drawing sendiri akan dilakukan, Jumat (4/10/2013) besok. “Jadi drawing-nya dikondikan geografis. Yang berada di satu wilayah, tidak akan satu grup," tambah Jokdri.

Jadwal play off sendiri akan ditentukan paling lambat, Sabtu (6/10/2013). Ketua Komite Kompetisi PSSI, Erwin Budiawan dipilih menjadi penanggungjawab babak play off. "Saya pikir sudah bisa dilangsungkan pada 13 Oktober setelah laga timnas U19 lawan Korea Selatan atau pada 16 Oktober, setelah laga tim nasional senior lawan China," tutup Jokdri.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6943 seconds (0.1#10.140)
pixels