Sriwijaya FC menanti ledakan young guns

Senin, 14 Oktober 2013 - 15:24 WIB
Sriwijaya FC menanti ledakan young guns
Sriwijaya FC menanti ledakan young guns
A A A
Sindonews.com - Sriwijaya FC dipastikan bakal memaksimalkan tenaga para pemain muda atau young guns menghadapi ketatnya kompetisi Indonesia Super League (ISL) musim depan. Sukses tim nasional Indonesia U-19 menjuarai Piala AFF U-19 dan melaju ke babak final Piala Asia U-19 juga telah menjadi inspirasi tersendiri bagi manajemen klub berjuluk Laskar Wong Kito, untuk mencapai prestasi terbaik di kancah tertinggi sepak bola Indonesia.

PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM) sendiri selaku pengelola klub SFC, nampaknya tidak main-main dalam mewujudkan komitmennya. Keputusan melepas 90 % lebih pemain musim lalu dan merekomendasikan 7 pemain dari skuad SFC U-21 yang sukses menjuarai ISL U-21 menjadi salah satu buktinya.

Bersama tiga pemain lama yang masih tersisa seperti Ramdhani Lestalulu, Diego Michels dan M Sobran serta tiga pemain baru yang sudah menandatangani pra kontrak M Hamzah (Persiwa Wamena), A. Sumardi (Persisam Samarinda), kemudian Firdaus Ramadhan (Persita Tangerang), mereka diharapkan dapat bahu membahu untuk merealisasikan target juara ISL musim depan.

Belum lagi ditambah dua pemain asing yang susah memastikan diri bakal menjadi bagian dari SFC musim depan seperti Lancine Kone dan Abdoulaye Youssouf Maiga. Kekuatan baru tim kebanggaan masyarakat Sumatera Selatan itu diyakini mampu bersaing dengan tim kuat lainnya seperti Persipura, Arema Indonesia, Persib Bandung dan lainnya.

Namun jumlah pemain itu masih akan bertambah, apabila beberapa pemain bidikan lainnya sukses didapatkan oleh tim rekrutmen yang telah dibentuk manajemen klub dalam upaya menambah kekuatan di setiap lini.

Manajer SFC Robert Heri mengungkapkan, menghadapi kompetisi ISL musim depan pihaknya membutuhkan sebanyak 28 orang pemain. Dengan jumlah pemain sebanyak itu dia mengharapkan membuat kekuatan SFC tetap stabil disetiap laga maupun dalam mengikuti kompetisi lainnya seperti Piala Indonesia dan ajang pra musim.

"Kita akan memaksimalkan tenaga para pemain muda yang kita rekrut dari tim SFC U-21 menghadapi musim depan. Saya berharap para pemain lama yang juga masih berusia muda seperti Ramdhani Lestaluhu bisa memberikan bimbingan dan motivasi kepada mereka,” harapnya.

Lebih jauh dijelaskannya, meski sebagian besar para pemain Laskar Mudo Wong Kito masih minim jam terbang dan pengalaman, namun Robert yakin dan optimis mereka bisa tetap bersaing dengan para pemain senior dari klub lain yang telah malang melintang dikancah sepakbola nasional.

"Saat ini kita sedang fokus untuk mendapatkan para pemain untuk mengisi posisi lini tengah dan lini depan yang saat ini baru terisi sekitar 70 persen. Kita tidak akan terburu-buru dalam menentukan pilihan,”tambahnya.

Pelatih Sriwijaya FC Subangkit mengakui tidak mudah membentuk tim dengan pemain-pemain baru. Akan tetapi dirinya tidak menjadikan hal itu sebagai sebuah alasan. Karena itu, dirinya saat ini tengah fokus untuk mencari pemain yang pas dan siap main, sehingga proses adaptasi antar pemain dengan pemain lainnya tidak terlalu lama.

"Perombakan besar di dalam tim SFC akan menjadi tantangan tersendiri bagi saya untuk membangun tim baru ini agar cepat solid," katanya.

Subangkit menambahkan, persaingan musim depan dipastikan lebih berat dibandingkan musim lalu. Dengan mengusung target merebut kembali gelar juara, SFC harus bersaing ketat dengan tim papan atas lainnya yang diperkirakan bakal tetap mempertahankan sekitar 70-80 persen komposisi pemain lama.

"Mereka sudah memiliki pondasi dan kerja sama tim. Sedangkan saya akan berusaha dengan sekuat tenaga untuk membentuk pondasi tim, taktik, strategi, dan kerja sama tim. Tapi saya tetap optimistis kita bisa bersaing dengan mereka,”tandasnya.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7934 seconds (0.1#10.140)