Belanda gagalkan Turki ke Brasil

Rabu, 16 Oktober 2013 - 03:47 WIB
Belanda gagalkan Turki ke Brasil
Belanda gagalkan Turki ke Brasil
A A A
Sindonews.com - Belanda kokoh di puncak Grup D usai mengalahkan Turki 2-0 pada laga lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2014 yang berlangsung di Sukru Saracoglu, Rabu (16/10/2013). Dua gol dari Arjen Robben dan Wesley Sneijder sukses membawa Belanda melanjutkan trend positif mereka sekaligus mengkandaskan langkah Turki ke Brasil.

Bermain di kandang lawan tidak membuat skuat De Oranje -julukan Belanda- bermain aman, mereka justru menekan sejak menit awal. Peluang pertama tim tamu diciptakan oleh Robben dari sisi kanan, namun sayang umpannya belum mampu dimaksimalkan menjadi sebuah gol. Selanjutnya giliran Sneijder yang mencoba melepas kebuntuan dengan melesatkan tendangan jarak jauh.

Sayang tembakan pemain Galatasaray itu masih dapat dihalau. Tim tuan rumah sepertinya tidak ingin malu dihadapan publiknya sendiri, Turki lantas melakukan serangan balik yang cepat, namun Bulut tidak siap dengan kondisi umpan cepat sehingga kiper Belanda menyongsong bola lebih dulu. Gol yang ditunggu akhirnya tercipta di menit delapan melalui Arjen Robben.

Berawal dari servis bola mari, Robben sukses melayangkan tendangan bebas yang menghujam sisi kanan gawang Turki. Skor 1-0 untuk Belanda. Turki yang mengharuskan memenangkan laga justru ketinggalan di awal awal babak pertama. Unggul lebih dulu membuat Belanda semakin gencar melayangkan serangan, kali ini giliran Van Persie yang menjebol gawang Turki, namun sayang posisinya lebih dulu offside.

Selanjutnya Turki mencoba sesekali melayangkan serangan balasan namun masih terbentur tembok kokoh pertahanan Belanda. Serangan Turki yang dibangun dengan apik masih sulit di manfaatkan para striker mereka. Akhirnya hingga turun minum kedudukan tidak berubah untuk keunggulan sementara Belanda 1-0.

Memasuki paruh kedua Baru dua menit bergulir, Wesley Sneijder langsung melesatkan gol indah melalui kerjasamanya dengan Dirk Kuyt. Gelandang Galatasaray ini pun sukses menggandakan kedudukan Belanda. 2-0 untuk keunggulan tim tamu. Turki yang harapan lolosnya semakin tipis pun mencoba membangun serangan. Namun, inisiatif yang diarsiteki oleh Arda Turan masih mampu dihalau oleh Bruma dkk.

Belanda yang sudah memastikan tiket ke Brasil mencoba menurukan tempo pertandingan. Sesekali mereka melayangkan serangan balik untuk terus menekan Turki. Selanjutnya Tuan Rumah sukses memborbardir pertahanan De Oranje, tapi hingga peluit panjang berbunyi kedudukan 2-0 tetap bertahan. Belanda secara resmi menyingkirkan Turki dari Piala Dunia 2014. Sementara tiket play-off kini diambil oleh Rumania.

Susunan Skuat Kedua Tim:

Turki: Demirel, Kandirim, Kaya, Toprak, Gonul, Turan, Inan, Topal, Tore, Bulut, Yilmaz.

Belanda: Vorm, Janmast, Viaar, Martins Indi, Blind, Clasie, Fer, Sneijder, Robben, Lens, Van Persie.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4923 seconds (0.1#10.140)