Renovasi mental, pemain PSM jalani training motivasi

Kamis, 17 Oktober 2013 - 16:21 WIB
Renovasi mental, pemain...
Renovasi mental, pemain PSM jalani training motivasi
A A A
Sindonews.com - Selain mematangkan taktik dan strategi, tim kepelatihan PSM Makassar juga mengasah mentalitas para pemain sebelum menghadapi Pro Duta FC di playoff IPL, Jumat (18/10). Tim kepelatihan dan manajemen PSM memberikan training motivasi agar saat laga di markas Persijap Jepara tersebut, para pemain bermain layaknya di kandang sendiri.

Bukan hanya itu, manajemen PSM juga sebelumnya melakukan beberapa hal agar tim berjuluk Laskar Ayam Jantan dari Timur tersebut bisa bermain dalam perfoma yang terbaiknya. Seperti menyediakan kendaraan operasional khusus milik PSM agar mereka seperti di Makassar. Pun menyediakan 400 tiket gratis buat para suporter PSM agar bisa memberikan dukungan buat tim saat berlaga.

Media officer PSM Andi Widya Syadzwina mengatakan, memang pagi tadi para pemain diberikan training motivasi untuk meningkatkan mentalitas mereka sebelum berlaga besok. "Mereka mengikuti kelas motivasi. Namanya bebet Darmawan Motivator dari Yogja yang membawakan materi," kata dia.

Dirinya menyebut, hal itu dilakukan oleh pihaknya agar mentalitas pemain bagus dalam bertanding. Karena hal ini saya menentukan di sebuah pertandingan. "Selain mental, juga untuk menumbuhkan kepercayaan diri dan semangat. Tapi dikemas dengan cara yang menghibur jadi pemain tidak tegang dan bisa tetap rileks," jelasnya.

Dari sejumlah pengalaman pertandingan tandang PSM dikompetisi Indonesia Prmier League (IPL) musim ini, selalu menuai catatan buruk. Terakhir, dua laga tandang saat tur Sumatera melawan Semen Padang karena harus takluk dengan skor 2-1 dan terakhir melawan Pro Duta FC dengan skor 2-0 di stadion Teladan Medan.

Andi Oddang dkk. sudah berada di Jepara Jawa Tengah sejak Minggu, (13/10) lalu untuk mematangkan seluruh persiapan menjelang babak playoff yang sudah bergulir sejak (16/10). PSM sendiri tergabung di grup K bersama Persijap Jepara, Pro Duta FC, PSLS Lhouksumae dan Bontang FC.

Saat ini, Bontang FC masih menduduki puncak klasemen di grup K karena berhasil menang atas PSLS Lhokseumawe dengan skor 4-3. Sementara Persijap dan Pro Duta FC ada di urutan kedua dan ketiga, karena pada pertandingan pembuka mereka hanya imbang 1-1, dan PSLS masih didasar klasemen, karena PSM belum bertanding.

Uky Nugraha, koordinator Laskar Ayam Jantan, (kelompok suporter PSM) mengatakan, memang seharusnya ada training motivasi seperti itu karena para pemain harus diberikan semangat menjelang laga. "Ini sangat bagus, dan mudah-mudahan banyak nilai positifnya," kata dia.

Dirinya juga berharap, selain karena hal itu, kehadiran para suporter PSM yang sengaja datang ke Jepara diharap juga bisa memberikan dukungan secara moril. "Mudah-mudahan juga kehadiran kami suporter PSM bisa menjadi tambahan motivasi buat pemain untuk meraih hasil maksimal," harap Uky yang saat ini sudah berada di Jepara untuk mendukung PSM.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0813 seconds (0.1#10.140)