Pro Duta menggugat profesionalitas wasit

Jum'at, 18 Oktober 2013 - 17:12 WIB
Pro Duta menggugat profesionalitas wasit
Pro Duta menggugat profesionalitas wasit
A A A
Sindonews.com - Kepemimpinan wasit di babak playoff Grup K Indonesian Premier League (IPL) 2013 dikeluhkan Pro Duta FC. PSSI pun diharapkan menunjuk wasit yang memiliki kompetensi dalam memimpin pertandingan.

Keluhan ini dilontarkan menilai dari kepemimpinan wasit Muhammad Adung kala memimpin pertandingan perdana Persijap Jepara melawan Pro Duta di Stadion Gelora Bumi Kartini, Jepara, Rabu (16/10) lalu.

"Hal ini yang saya takutkan sejak awal sebelum babak playoff dimulai. Organisasi pertandingan babak playoff ini sempat saya pertanyakan dan harapkan wasit yang memimpin benar-benar diseleksi PSSI. Kenyataannya tidak, kami mengalami kerugian saat pertandingan pertama," kesal pelatih Pro Duta Dejan Antonic.

Kekesalan Dejan ini, karena kepemimpinan wasit Muhammad Adung yang dinilainya tidak adil. Banyaknya pelanggaran yang dilakukan Laskar Kalinyamat luput dari peringatan hakim lapangan itu. Parahnya lagi, anak asunya malah mendapat hukuman, Ramadani, dan Fariz Bagus Dhinata.

Ketidakprofesioanalan wasit itu pun diharapkannya tidak terjadi dipertandingan selanjutnya. Katanya, wasit yang memiliki integritas profesional, akan berdampak pada permainan sepakbola yang menghibur.

Dejan menilai tim yang dibesutnya sudah tampil baik dan menampilkan sepak bola dengan indah. "Sangat memalukan pertandingan berjalan seperti itu. Seharusnya pertandingan berjalan dengan baik tanpa kerusuhan," tandasnya.

Permainan kasar yang dipraktikkan Persijap menjadikan cedera barisan penyerang Pro Duta. Dony F Siregar, Ghozali M Siregar dan Girts Karlson harus mendapat perawatan intensif. Meski cedera ketiganya ringan, sisi psikologis akan terganggu.

"Saya tidak tahu turnamen playoff ini seperti apa. Kami sudah sempat bicara dengan pemain dan asisten, bermain lagi apa tidak. Ini mainnya sudah seperti sepak bola kampung saja," ucapnya.

Meski kesal, pria kebangsaan Serbia itu tekad Pro Duta akan menyelesaikan pertandingan. Pertandingan ketiga babak play off ini, Pro Duta akan bertemu PSLS Lhokseumawe, Selasa (22/10) mendatang. Pro Duta dan PSLS Lhokseumawe sudah bertemu di IPL. Kala itu, Pro Duta menjamu PSLS di Stadion Teladan Medan. Optimisme tinggi Pro Duta meraih poin penuh di gagalkan Laskar Pase, setelah ditahan imbang 1-1.

Kedua tim dari Pulau Sumatera ini pun akan saling beradu. Keunggulan dikantongi Pro Duta dengan satu poin, hasil imbang melawan Persijap. Sedangkan PSLS menderita kekalahan kala bertemu Bontang FC, 3-4. "Kita tidak akan menyerah begitu saja. Kita akan berjuang sampai akhir. Kita bakal bermain dengan sportivitas dan kebanggaan," pungkasnya.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6468 seconds (0.1#10.140)