Persibo-Persema merangkak dari Divisi III

Jum'at, 25 Oktober 2013 - 15:42 WIB
Persibo-Persema merangkak dari Divisi III
Persibo-Persema merangkak dari Divisi III
A A A
Sindonews.com - Terdepak dari kompetisi Indonesian Premier League (IPL), dua tim asal Jawa Timur, Persibo Bojonegoro dan Persema Malang memilih mengalah. Keduanya resmi mendaftar sebagai anggota baru di kompetisi Divisi III.

Keduanya dipastikan mengikuti kompetisi Divisi III Regional Jatim dengan nama baru, yaitu Persema 1953 dan Persibo 1949. Penambahan embel-embel tahun dilakukan karena status masa depan tim Persema Malang dan Persibo Bojonegoro sebagai terhukum belum jelas.

Namun, Persema 1953 dan Persibo 1949 telah difasilitasi pendaftarannya ke PSSI Pusat. "Sebagai tim baru, keikutsertaan Persema 1953 dan Persibo 1949 di kompetisi Divisi III tidak dipermasalahkan. Sebab, sistem di Divisi III, untuk putaran regional itu kewenangan tiap-tiap asosiasi daerah, "
ujarWakil Sekretaris PSSI Jatim Suwito Hadi,

Meski diperbolehkan tampil di Divisi III, namun menurut Suwito keduanya masih belum resmi terdaftar sebagai anggota PSSI Pusat.

''Kami sudah memfasilitasi kedua tim baru itu untuk mendaftarkan keanggotaannya di PSSI Pusat. Namun, penetapan keanggotaan Persema 1953 dan Persibo 1949 menunggu Kongres PSSI selanjutnya. Karena itu, mereka tetap boleh tampil di Divisi III dengan status klub calon anggota,” tandasnya.

Ditambahkan Suwito Badan Liga Amatir Indonesia (BLAI) sebagai operator kompetisi telah menyerahkan sepenuhnya pelaksanaan Divisi III tingkat regional kepada PSSI Jatim. ''Tapi, BLAI meminta begitu usai Kongres berikutnya, PSSI Jatim diminta menyerahkan salinan pengesahan anggota baru dari PSSI,” jelasnya.

Sementara total peserta Divisi III Regional Jatim diikuti dari 32 tim dari rencana awal 33 tim, namun satu tim mengundurkan diri. ''Kediri Muda dari Grup 7 menyatakan mundur. Alasannya apa saya kurang tahu, yang pasti pengunduran dirinya resmi. Kami tidak menetapkan tim pengganti. Jadi, di grup itu hanya ada tim nantinya,”terang Suwito.

Sementara itu, Manager Administrasi Kompetisi BLAI Priyadi Budi membenarkan jika partisipasi Persema 1953 dan Persibo 1949 di Divisi III diserahkan ke PSSI Jatim. ''Klub baru yang melakukan proses pendaftaran, namun belum mendapat pengesahan dari PSSI disebut Klub Calon Anggota. Klub Calon Anggota tetap boleh mengikuti Divisi III di tingkat regional, setelah mendapat rekomendasi dari Asosiasi setempat,” ungkapnya.

Rencananya ada delapan kota/kabupaten di Jatim yang bakal jadi tuan rumah babak penyisihan Divisi III, yakni Banyuwangi (Grup I), Kota Pasuruan (Grup II), Kabupaten Pasuruan (Grup III), Kota Malang (Grup IV), Bangkalan (Grup V), Bojonegoro (Grup VI), Tulungagung (Grup VII) dan Ngawi (Grup VIII).

Setiap grup akan diambil juara grup dan runner-up untuk melaju ke babak kedua. Selanjutnya, di tingkat nasional hanya diambil juara grup dan satu runner-up terbaik di setiap wilayah.

Pembagian Grup Divisi III Regional Jatim
Grup 1 (Banyuwangi)
Banyuwangi United, Putra Ijen Jember, Samudra Indonesia Jember, PSSS Situbondo

Grup 2 (Kota Pasuruan)
PSKP Kota Pasuruan, Ultras Jombang, Mitra Surabaya, Banyuwangi Putra

Grup 3 (Kab Pasuruan)
Assyabab Bangil, Persim Mojokerto, Parabola Kab Pasuruan, Mitra Bola Utama Surabaya

Grup 4 (Kota Malang)
Persema 1953, Mojokerto FC, Suryanaga Connection Surabaya, Sinar Harapan Sidoarjo

Grup 5 (Bangkalan)
Perseba Bangkalan, Cahaya Muda Pamekasan, King Lebur Sampang, Arek Surabaya

Grup 6 (Bojonegoro)
Persibo 1949, Gen-B Kota Mojokerto, Kresno Surabaya, Lamongan FC

Grup 7 (Tulungagung)
Naga Emas Asri, Triple-S Kab Kediri, Eka Darma Magetan, Kediri Muda (mundur)

Grup 8 (Ngawi)
Ngawi FC, PSM Kota Madiun, Persepon Ponorogo, Persemag Magetan
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7785 seconds (0.1#10.140)