Es hitam jadi ancaman serius

Kamis, 14 November 2013 - 23:01 WIB
Es hitam jadi ancaman serius
Es hitam jadi ancaman serius
A A A
Sindonews.com – Pereli internasional Indonesia Subhan Aksa akan memulai perjuangannya di reli Inggris di ajang WRC 2, pada Kamis (14/11) malam waktu Wales.

Perjuangannya akan berawal dari SS (Special Stage) pembuka di Gwydyr pada pukul 19.05 waktu lokal dan berakhir di SS 3 Clocaenog 1 sekitar tengah malam.

Hanya tiga SS itu yang dihelat pada hari pembuka. Jaraknya pun pendek-pendek dan lintasan kompetisi ketiga SS itu hanya 24,98 km.

“Tapi, setiap kilometernya sangat vital dan jadi penentu ke langkah berikutnya.Jika becek seperti saat survey, semua peserta akan mendapat kesulitan ekstra. Para peserta WRC2 juga kena efek negatifnya berupa lintasan yang lebih hancur karena sebelumnya sudah dilalui mobil-mobil kelas WRC,” ujar Subhan dalam rilis yang diterima Sindonews, Kamis (14/11/2013).

“Kami sendiri sudah bersiap diri apa pun nanti kondisinya. Yang pasti perlu konsentrasi penuh di tiga SS itu, apalagi lomba malam hari belum terlalu biasa,” tambahnya.

Ia sendiri berharap lomba bisa berlangsung dalam lintasan kering. Namun, ia juga mempersiapkan diri jika harus bertarung di tengah hujan apalagi ada prediksi bakalan diguyur es hitam (black ice) yang sangat licin melapisi lintasan dan tidak terlihat secara kasat mata.

Pacuan R5-nya pun sudah punya pilihan set-up untuk kedua kondisi tersebut.
Dia menilai akan sangat merepotkan jika harus berjibaku dengan kondisi lintasan yang campur antara basah dan kering.

Seri pamungkas kejuaraan dunia 2013 ini akan menempuh total jarak tempuh 1.502 km dan salah satu reli terpanjang dunia. Total jarak kompetisi dalam 22 SS adalah 312,38 km dan berlangsung sepanjang Kamis (14/11) hingga Minggu (17/11) petang. Sebuah perjalanan dan perjuangan panjang yang menuntut persiapan optimum di semua aspek.

“Insya Allah, semuanya sudah siap. Tinggal geber mobil dan berusaha tampilkan yang terbaik,” ujar Subhan.

Berkat prestasinya sebagai finisher 4 Besar di Rally Spanyol lalu, Subhan salah satu yang difavoritkan untuk bertarung ke podium reli Inggris.
(irc)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.3656 seconds (0.1#10.140)
pixels