Sriwijaya FC geber uji coba di Malang

Senin, 18 November 2013 - 16:21 WIB
Sriwijaya FC geber uji coba di Malang
Sriwijaya FC geber uji coba di Malang
A A A
Sindonews.com - Skuad Sriwijaya FC belum sepenuhnya siap 100% menghadapi liga unifikasi musim 2014. Namun, manajemen klub sudah menyiapkan sejumlah agenda untuk mematangkan persiapan tim, seperti menggelar training camp dan uji coba di Malang, Jawa Timur.

Sulitnya mencari lawan tanding yang sepadan di Sumatera Selatan untuk mengukur sejauh mana persiapan SFC sebelum mengikuti Liga Unifikasi musim depan, membuat manajemen klub akhirnya mengambil keputusan untuk melakukan try out ke Pulau Jawa.

Dipilihnya Provinsi Jawa Timur sebagai lokasi tempat uji coba dan pemusatan latihan, tidak lain lantaran disekitar daerah tersebut banyak terdapat klub-klub yang dinilai layak untuk dijadikan lawan tanding bagi anak asuh pelatih Subangkit.

Posisi Malang juga dinilai sangat strategis untuk menjadi tempat menempa diri para pemain SFC yang sebagian besar merupakan muka-muka baru, setelah manajemen klub melepas lebih dari 90% pemain musim lalu.

Seperti diketahui, Kota Apel merupakan markas salah satu tim kuat di kompetisi domestik dan merupakan runner-up Indonesian Super League (ISL) musim lalu, Arema Indonesia, sehingga mereka dianggap pantas untuk mengukur kekuatan SFC.

Selain itu, dari Malang, akses SFC untuk mencari lawan tanding lainnya juga sangat mudah, sehingga tidak sulit bagi Subangkit untuk menakar kekuatan timnya serta mengertahui dimana letak kekuragan yang harus dibenahi.

Hanya saja, Manajer SFC, Robert Heri mengaku belum bisa memastikan kapan rencana itu akan dilakukan, mengingat saat ini skuad Laskar Wong Kito masih belum lengkap. Sehingga ada kemungkinan uji coba baru bisa dilakukan pada awal Januari mendatang, karena semua pemain baru akan berkumpul semuanya pada awal Desember ini.

''Pastinya kita akan melakukan persiapan tim lebih dulu sebelum melakukan uji coba, karena kita tidak mungkin datang tanpa persiapan. Meski hanya sebatas uji coba, tetapi kita tentunya menginginkan hasil yang terbaik. Malang dipilih karena di sana banyak klub berkualitas, termasuk Arema,”ungkapnya.
Agenda uji coba merupakan agenda yang memang sudah rutin dilakukan SFC dari musim ke musim sebelum kompetisi dimulai. Musim lalu, SFC juga menjalani beberapa kali ujicoba mulai dengan mengikuti turnamen segitiga di Bangka, hingga menjalani Training Camp (TC) beberapa minggu di Solo, Jawa Timur.

Selain merencanakan uji coba di Malang, Robert juga berencana untuk mengundang beberapa klub yang ada di Sumsel umumnya dan Palembang pada khususnya untuk menjadi lawan tanding SFC.

''Semuanya sudah kita rencanakan, tinggal menunggu waktu saja. Mudah-mudahan tim bisa segera terbentuk secepatnya, sehingga tidak direpotkan lagi dengan perburuan pemain dan fokus ke persiapan tim saja,” harap Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Pemprov Sumsel itu.

Pelatih SFC, Subangkit merespons baik dengan rencana manajemen yang akan melakukan sparring dengan klub-klub di Malang. Hal itu penting untuk meningkatkan kepercayaan diri, kekompakan, dan kerja sama antar pemain. Karena menurut dia, yang tidak kalah pentingnya yakni membiasakan para pemain berada dalam atmosfer pertandingan di lapangan hijau.

''Uji coba sangat penting untuk meningkatkan kerja sama dan kesolidan tim, sebelum kita menghadapi liga musim depan,” ujarnya.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6417 seconds (0.1#10.140)
pixels