UCI desak Armstrong beberkan bukti

Selasa, 19 November 2013 - 22:48 WIB
UCI desak Armstrong beberkan bukti
UCI desak Armstrong beberkan bukti
A A A
Sindonews.com - Presiden Balap Sepeda Internasional (UCI), Brian Cookson akan melakukan penyelidikan lebih lanjut atas tuduhan Lance Armstrong terhadap mantan presiden UCI Hein Verbruggen.

Cookson, yang menggantikan Pat McQuaid sebagai presiden UCI akan mendesak mantan juara Tour de France untuk membeberkan bukti terkait ocehannya tersebut. Demikian pula dengan Verbruggen.

Sepengetahuan pembalap sepeda asal Amerika Serikat ini, Verbruggen terbukti menutup-nutupi doping pada gelaran Tour de France tahun 1999. Pasalnya, selama ia menjabat tidak pernah menjelaskan apakah zat kortikosteroid dilarang pada olahraga ini atau tidak.

"Komisi independen UCI sedang memproses penyelidikan. Sekarang kita sedang dalam diskusi lanjutan dengan pemangku kepentingan mengenai kerangka acuan untuk memungkinkan penyelidikan tersebut atas tuduhan yang berkaitan dengan doping. UCI akan mengkonfirmasi masalah ini lebih lanjut serta akan memberikan penjelasan mengenai hasil temuan tersebut pada waktunya," demikian pernyataan resmi UCI dilansir Sky Sports, Selasa (19/11/2013).

"Komisi akan mengundang Armstrong untuk memberikan bukti dan kami akan mendesak semua pihak yang terlibat untuk ikutserta dalam membantu komisi menyelesaikan masalah ini. Hal ini dilakukan untuk kepentingan terbaik dari olahraga bersepeda."

Cookson menilai bahwa penyelidikan ini dilakukan agar olahraga bersepeda tidak dirusak oleh masalah doping seperti di masa lalu. Karenanya UCI harus bergerak cepat menyelesaikan seluruh permasalahan yang terus menyelimuti balap sepeda ini.

"Penelitian ini sangat penting untuk kesejahteraan bersepeda. Ini membantu kita semua untuk bergerak maju ke masa depan yang bersih dan sehat," imbuhnya.
(dka)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4867 seconds (0.1#10.140)