Taufik optimis di nomor catur tradisional

Kamis, 21 November 2013 - 16:59 WIB
Taufik optimis di nomor catur tradisional
Taufik optimis di nomor catur tradisional
A A A
Sindonews.com - Pecatur nasional Taufik Halay tak gentar tampil di nomor catur tradisional Myanmar dalam SEA Games XXVII Desember 2013. Semua permainan catur Myanmar sudah dipelajarinya, bahkan tidak tanggung-tanggung langsung turun dalam kejuaraan ASEAN, dengan menyuguhkan medali perak bagi kontingen Indonesia.

“Saya berharap medali perak yang saya raih di kejuaraan ASEAN bisa ditingkatkan menjadi emas saat di SEA Games XXVII Myanmar nanti. Untuk itu saya melakukan latihan keras selama di Pelatnas,” tutur Taufik yang dikutip dari Satlak Prima.

Menurutnya, catur tradisional Myanmar tidak berbeda jauh dengan catur kharo yang populer di Sumatera Utara. Gerakan buah catur yang dimainkan tidak jauh berbeda, hanya buah catur dilambangkan binatang gajah, dan beberapa ciri khas Myanmar. Permainan seperti itu mudah dihafal selama latihan di Pelatnas.

Taufik mengakui, menekuni catur Myanmar berbeda dengan catur biasa. Dalam catur biasa yang ditekuni sejak usia 7 tahun prestasinya berjalan ditempat dan ketinggalan jauh dengan rekan-rekannya seperti Susanto Megaranto dan Irine Kharisma yang sudah memegang titel Grand Master (GM).

Namun ia bersyukur mampu berprestasi di dunia percaturan melalui nomor lainnya. Dengan begitu, tekad menyuguhkan medali bagi kontingen Indonesia masih terbuka lebar. Sedang di catur biasa sudah tertutup dengan rekan-rekannya yang prestasinya meningkat cepat. Hal itu yang membuatnya terus menekuni catur tradisional dalam persiapan menuju Myanmar Desember mendatang.

Ketika disinggung lawan berat di nomor catur tradional Myanmar yang akan dihadapi di SEA Games, Taufik mengatakan, datang dari pemain tuan rumah. Thailand dan Vietnam juga tidak bisa diremehkan. Kedua negara tersebut juga memiliki permainan catur sejenis dengan catur tradisional Myanmar.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8337 seconds (0.1#10.140)