Selandia Baru ingin gabung ke AFC

Jum'at, 22 November 2013 - 00:12 WIB
Selandia Baru ingin gabung ke AFC
Selandia Baru ingin gabung ke AFC
A A A
Sindonews.com - Kegagalan Selandia Baru lolos ke Piala Dunia 2014 membuat pelatih Ricki Herbert menyerukan agar All Whites untuk bergabung dengan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). Hal ini untuk meningkatkan kualitas permainan Winston Reid dkk.
Sepanjang sejarah, Selandia Baru baru dua kali tampil di turnamen sepak bola terbesar di dunia itu pada 1982 di Spanyol dan 2010 di Afrika Selatan. Selandia Baru gagal melaju ke Brasil tahun depan setelah disingkirkan Meksiko di babak play-off.
Selandia Baru kalah agregat 3-9 setelah takluk 1-5 pada leg 1 di Meksiko dan menyerah 2-4 pada pertemuan kedua di Auckland. Agar tidak ikut play-off, Herbert meminta Selandia Baru mengikuti jejak Australia yang terlebih dahulu gabung ke AFC yang jauh lebih kompetitif dibandingkan Konfederasi Sepak Bola Oseania (OFC).
"Selandia Baru butuh tantangan. Para pemain baru mendapatkan ujian jika pindah ke konfederasi yang bermain di sepuluh pertandingan internasional kompetitif. Semoga kami bisa mendapatkan beberapa tahun ke depan," kata Herbert seperti dilansir Gulf Time.
OFC merupakan konfederasi paling lemah dari enam konfederasi FIFA dan tidak memiliki jatah langsung ke Piala Dunia. Juara kualifikasi akan menghadapi peringakt keempat zona CONCACAF di babak play-off untuk meraih tiket Piala Dunia.
Bertanding melawan Jepang, Korsel, Arab Saudi, atau Iran tentu lebih dibutuhkan Selandia Baru daripada melawan tim kecil seperti Fiji, Tahiti, Vanuatu, Samoa, Samoa Amerika, Tonga, Cook Islands, Kaledonia Baru, Papua New Guinea, dan Solomon Islands
(dka)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6729 seconds (0.1#10.140)