108 atlet Jabar bertarung di SEA Games

Senin, 09 Desember 2013 - 19:52 WIB
108 atlet Jabar bertarung di SEA Games
108 atlet Jabar bertarung di SEA Games
A A A
Sindonews.com - Sebanyak 108 atlet dari total 621 atlet Indonesia yang akan berlaga di SEA Games XXVII Myanmar 11-22 Desember 2013 mendatang berasal dari Tanah Pasundan. Selain itu, 26 pelatih dan mekanik asal Jawa Barat pun menjadi bagian dalam upaya meraih target 120 medali emas yang dicanangkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo.

Ketua Bidang Analisa dan Evaluasi (Anev) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jabar, Verdia Yosef menuturkan ,jumlah atlet Jabar yang membela kontingen Merah Putih di ajang multieven olahraga se-Asia Tenggara tersebut berkurang dari perhelatan SEA Games sebelumnya.

''Berdasarkan data yang kami terima dari Komite Olimpiade Indonesia, atlet Jabar yang memperkuat kontingen Indonesia di SEA Games ke-27 nanti berjumlah 108 atlet dan 26 pelatih sama mekanik. Jumlah ini berkurang dari perhelatan sebelumnya,”kata Yosef.

Berkurangnya jumlah atlet tersebut dikarenakan jumlah cabor yang dipertandingkan pada SEA Games Myanmar mendatang yang mengalami pengurangan. Pada SEA Games XXVI/2011 yang dihelat di Jakarta dan Palembang, Indonesia, dipertandingkan sebanyak 44 cabang olahraga yang dua diantaranya merupakan nomor pertandingan ekshibisi.

Sementara di SEA Games XXVII/2013 di Myanmar, hanya mempertandingkan 33 cabang olahraga. Namun meski begitu, diharapkan atlet-atlet asal Jabar ini bisa berbicara banyak dengan menyumbangkan medali emas bagi Indonesia.

''Kami berharap, meski jumlahnya berkurang tapi para atlet ini bisa meningkatkan prestasinya di SEA Games itu, ya minimal 30 persennya dari raihan medali kontingen Indonesia. Cabang olahraga yang tidak dipertandingkan di Myanmar di antaranya Tenis dan Paralayang,”tegas Yosef di ruang kerjanya.

Rencananya untuk mendukung para atletnya yang akan berjuang di medan laga SEA Games, KONI Jabar berencana mengirimkan tim khusus ke Negeri Aung San Su Kyi.

"Bagaimana pun juga mereka adalah atlet binaan kami, mereka berjuang di sana membawa nama Indonesia dan tentunya nama baik Jabar. Untuk itu kami akan kirim tim untuk mendukung dan memberikan motivasi kepada mereka terutama pertandingan-pertandingan krusial,”tuturnya.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Umum KONI Jabar, Lily Rolina menambahkan, selain dukungan moril, KONI Jabar juga berencana memberikan uang saku kepada atlet Jabar yang berprestasi untuk motivasi lebih sehingga mereka bisa menyumbang medali emas.

''Kami akan mendampingi dan memberi dukungan bagi atlet Jabar, khususnya pada pertandingan-pertandingan krusial. Kami juga akan mengapresiasi perjuangan mereka dengan memberikan uang saku kepada mereka untuk menambah semangat juang meraih medali bagi Indonesia,”pungkasnya.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2168 seconds (0.1#10.140)