Basket Indonesia gebuk tuan rumah setengah botol

Senin, 09 Desember 2013 - 21:58 WIB
Basket Indonesia gebuk tuan rumah setengah botol
Basket Indonesia gebuk tuan rumah setengah botol
A A A
Sindonews.com - Tim basket putra Indonesia yang mengalami kekalahan pada pertandingan pertamanya saat melawan Malaysia, 51-63, kemarin, di ajang SEA Games XXVII 2013 Myanmar, hari ini Xaverius Prawiro cs berhasil menumbangkan tuan rumah dengan skor telak 83-40, Senin (9/12/2013).

Tjejep Firmansyah yang merupakan arsitek tim basket Merah-Putih ini mempercayakan kepada Kelly Purwanto, Xaverius Prawiro, Kaleb, Cristiano Ronaldo dan Adhi untuk menjadi starting five.

Bermain fokus dan tak mau kecolongan seperti pertandingan sebelumnya, menjadi kunci keberhasilan anak-anak Tjetjep Firmansyah ini.

"Game tadi kita fokus dan ga mau kecolongan lagi seperti pertandingan yang kemarin. Koordinasi pertahanan kita sangat rapat dan saat kita nyerang tembakan kita bagus, lay-up kita juga bagus. Anak-anak bermain enjoym," ucap Xaverius melalui telepon selularnya.

Diatas kertas, melawan Myanmar, Indonesia memang diatas angin. Kuarter pertama langsung Myanmar dibuat tak berdaya yang hanya mampu mengoleksi 9 angka, sedangakan Xaverius cs mengoleksi 31 angka.

Pada kuarter kedua, Myanmar coba bangkit perlahan, namun masih kalah pengumpulan angka. Myanmar mengoleksi 12 angka sedangkan Indonesia menciptakan 16 angka, sehingga kuarter kedua ini di tutup dengan skor 47-21 untuk Indonesia.

Usai jeda, kuarter ketiga anak asuh Tjetjep ini tidak memberi ruang kepada Myanmar. Kuatnya pertahanan Indonesia membuat tuan rumah hanya mampu menciptakan empat angka pada kuarter ini, sedangkan Indonesia mampu mendulang 21 angka. Kuarter ketiga ini di tutup dengan skor 68-25.

Merasa di atas angin, tim Indonesia terlihat sedikit mengendurkan tensi permainan. Pada kuarter ini kedua tim sama-sama mengumpulkan poin 15, sehingga kuarter ini ditutup dengan skor 83-40 sekaligus untuk kemenangan Indonesia.

Kini Indonesia memiliki poin tiga dari dua kali pertandingan dengan satu kali kalah dan satu kali menang. Pada pertandingan yang menggunakan format round-robin ini, pada pertandingan selanjutnya Indonesia akan melawan Thailand, yang diagendakan Selasa, (10/12/2013).

Sementara itu, kini Indonesia berada di puncak klasemen sementara dengan mengoleksi tiga angka dari sekali menang dan sekali kalah, dengan selisih poin memasukkan 31 angka. Sedangkan Malaysia dan Kamboja membuntuti, kendati memiliki nilai sama namun kalah dari selisih memasukan 6 angka dan 0.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7280 seconds (0.1#10.140)