Pangeran Biru belum ''over''

Selasa, 10 Desember 2013 - 12:26 WIB
Pangeran Biru belum over
Pangeran Biru belum ''over''
A A A
Sindonews.com - Persib Bandung kebanjiran tawaran ujicoba di masa persiapan jelang Indonesia Super League (ISL) 2014. Sejumlah wacana laga persahabatan gagal terealisasi, namun banyak pula agenda yang diterima tim kebanggaan warga Bandung dan Jawa Barat ini. Meski begitu, pelatih Djadjang ‘Djanur’ Nurdjaman menjamin jumlah pertandingan yang dilakoni anak asuhnya masih dalam batas wajar.

Hingga saat ini, Persib telah menuntaskan empat laga pramusim. Diklat Persib U19, Persikab Kabupaten Bandung, PSGC Ciamis, hingga DC United telah dijajal skuad Pangeran Biru. Di waktu dekat, minimal tiga laga menanti Persib dalam turnamen pra musim Piala Gubernur Jatim 2013. Setelah itu, rentetan pertandingan di kompetisi Inter Island Cup (IIC) yang direncanakan awal Januari juga masuk agenda Ferdinand Sinaga dkk.

''Di masa persiapan musim kemarin, Persib menjalani sekitar enam belas pertandingan uji coba. Untuk musim sekarang, jika dihitung sampai IIC, hanya tiga belas pertandingan kami jalani sebelum ISL bergulir. Jadi jumlah uji cobanya belum terlalu banyak,” ucap Djanur.

Meski rencana pertandingan uji coba tahun ini jumlahnya menurun dibandingkan musim lalu, pelatih berdarah Sunda tersebut mengakui lawan yang dihadapi lebih kuat. Jelang ISL 2013, Persib kebanyakan hanya ditantang tim-tim level bawah yang ada di Kota Bandung. Namun saat ini, kesebelasan yang dihadapi berasal dari kasta yang sama, bahkan jauh lebih tinggi.

''Musim lalu kami hanya melawan tim level Pengcab. Sekarang saya bersyukur Persib mendapat kesempatan uji coba dengan tim-tim yang satu level. Banyak untungnya, kami bisa membaca sejauh mana kemampuan yang sudah terbentuk dari tim ini. Kalau ini juga membuat kekuatan kami terbaca oleh tim lain, saya rasa itu tidak masalah. Saling intip kekuatan sudah biasa,” kata Djanur.

Pelatih yang memasuki tahun kedua bersama Persib ini juga yakin, kondisi fisik para pemain sudah dalam tahap normal untuk menjalani rangkaian pertandingan uji coba. Bahkan menurut Djanur, laga pramusim tidak akan terlalu menguras stamina. Hal itu karena skuad Pangeran Biru masih dalam tahap mencari skema ideal, sehingga rotasi pemain pun relatif lebih sering dilakukan.

''Lagipula para pemain sudah berpengalaman menghadapi jadwal padat kompetisi Indonesia. Jadi kalau hanya rangkaian uji coba, saya tidak takut ada cedera,” ungkapnya.

Hingga saat ini, agenda pramusim Persib yang hampir pasti digelar baru sebatas Piala Gubernur Jatim dan IIC. Sedangkan tawaran-tawaran lain yang datang ke skuad Pangeran Biru masih berstatus wacana. Termasuk pertandingan melawan tim Bundesliga Jerman, Hamburg SV yang kabarnya akan dilangsungkan Januari nanti.

''Tawaran yang datang memang banyak, tapi yang sudah pasti baru sampai Piala Gubernur Jatim. Kalaupun IIC rencananya Januari, itu belum sampai perencanaan secara detail. Apalagi lawan Hamburg, setelah pembicaraan pertama belum ada lagi kabar lanjutan,” pungkas Djanur.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8705 seconds (0.1#10.140)