Kenalkan Gunung Bromo melalui Rally Wisata

Senin, 16 Desember 2013 - 00:17 WIB
Kenalkan Gunung Bromo melalui Rally Wisata
Kenalkan Gunung Bromo melalui Rally Wisata
A A A
Sindonews.com - Sebanyak 120 mobil dari berbagai club di Jatim meramaikan ajang rally wisata bertajuk Bromo on Fire Touring. Rally wisata keluarga ini sekaligus menyuguhkan potensi kekayaan alam dan pariwisata di Kabupaten Pasuruan.

Mengawali keberangkatannya dari Gedung Grahadi, Surabaya, para peserta rally diajak berkeliling ke kawasan wisata pegunungan di Tretes, Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan. Sejumlah tempat wisata, seperti Finna Golf & Country Club Resort, Taman Safari Indonesia (TSI) II dan agrowisata apel dan durian di Nongkojajar, disambangi para peserta rally wisata.

Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf mengungkapkan, rally wisata ini sebagai bentuk komitmen terhadap pengembangan sektor industri pariwisata, di Kabupaten Pasuruan. Rally wisata ini diharapkan menjadi pendongkrak kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara ke Pasuruan.

"Kami ingin mengenalkan potensi pariwisata di Kabupaten Pasuruan. Panorama sunrise (matahari terbit) di Gunung Bromo merupakan salah satu destinasi wisata yang saat ini makin menarik perhatian wisatawan," kata Bupati Irsyad yang juga turut menjadi peserta rally.

Menurutnya, wisatawan sudah tidak asing lagi dengan kawasan wisata Gunung Bromo yang menjadi salah satu panorama sunrise terbaik didunia selain di Gunung Fuji, Jepang. Namun wisatawan ini tidak banyak yang mengetahui bahwa view point Puncak Penanjakan berada di wilayah Kabupaten Pasuruan.

"Gunung Bromo bisa dilalui dari empat kabupaten disekitarnya, yakni Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang. Tetapi hanya dari Puncak Penanjakan, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, wisatawan bisa menikmati panorama sunrise di Gunung Bromo," kata Gus Irsyad, panggilannya.

Komunitas Jeep Wrangler yang tergabung dalam JK Owner Jatim, merupakan salah satu grup peserta yang meramaikan rally wisata Bromo on Fire. Menurut Ketua JK Owner Jatim, Yudy Tjahjo Poernomo, selain berwisata bersama keluarga ajang ini menjadi momen untuk silaturrahmi dengan sesama penggemar otomotif di Jatim.

Meski sebagian anggotanya telah mengakrabi rute medan tanjakan yang menantang, rally wisata menuju Gunung Bromo menjadikannya pengalaman yang baru dan menarik. Apalagi rally wisata ini diikuti rombongan besar dan dari berbagai jenis komunitas otomotif.

"Rally wisata ini sangat menarik minat anggota kami di JK Owner dari berbagai daerah di Jatim. Mereka sangat senang bisa berpartisipasi dalam rally wisata Gunung Bromo. Karena rally wisata ini juga sekaligus sebagai forum silaturrahmi baik di JK Owner maupun komunitas otomotif lain," kata Yudy Tjahjo Poernomo.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 7.1014 seconds (0.1#10.140)