Pendekar Surabaya jawara di Banyuwangi

Senin, 23 Desember 2013 - 17:47 WIB
Pendekar Surabaya jawara di Banyuwangi
Pendekar Surabaya jawara di Banyuwangi
A A A
Sindonews.com - Ambisi Surabaya untuk mempertahankan gelar juara pada Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Silat Jawa Timur 2013 terpenuhi. Pesilat Kota Pahlawan sukses menyabet sembilan emas, dua perak, dan tiga perunggu pada ajang yang dihelat di Banyuwangi, 18-22 Desember.

Sembilan medali emas masing-masing disumbangkan Amri (kelas A putra), Alek (kelas H putra), Sarah Tria (kelas C putri), Debi (kelas E putri). Ditambah lima medali emas di nomor seni. Yaitu, Ari nomor tunggal putra. Disusul Maman dan Mitra di nomor ganda putra. Sementara Wella dan Firoh merebut emas di ganda putri.

Surabaya juga mampu mengawinkan medali emas di nomor regu putra dan putri. Nomor regu dipersembahkan tim silat dari PS Tapak Suci. Selanjutnya emas regu putri dihasilkan melalui PS Joko Tole.

Keberhasilan merebut juara umum Kejurprov di Banyuwangi ini mendapat apresiasi dari Ketua Pengkot Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Surabaya, Bambang Haryo. "Juara di Banyuwangi ini merupakan suatu prestasi Surabaya yang gemilang. Hasilnya cukup meningkat dibanding Porprov Jatim di Madiun," jelasnya.

Yang membuat Bambang lebih puas karena peraih medali tidak hanya di dominasi muka lama. Sebagian besar usianya masih muda dan tergolong atlet baru."Kira-kira 40 persen merupakan pesilat baru, sisanya 60 persen lama. Diharapkan ke depannya jadi bibit baru dan bisa prestasi bagus lagi di Kejurnas 2014," ujarnya.

Ditambahkan Bambang, karena Surabaya jadi juara umum, maka Kota Surabaya tidak perlu khawatir dengan kemanan."Para pesilat juga bisa ikut menjaga keamanan. Sehingga budaya bangsa lestari. Pendidikan, etika, budaya, dan kepribadian bisa didapat melalui silat," ucapnya.

Kejurprov silat di Banyuwangi diikuti sebanyak 600 atlet. Pesilat sebanyak itu berasal dari 38 kabupaten/kota di Jatim. Surabaya juga merupakan juara di Porprov 2013 di Kota Madiun. Pada ajang tersebut, Surabaya merebut tujuh medali emas.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8282 seconds (0.1#10.140)
pixels