Pembagian grup IIC dirilis, Jawa terbanyak

Selasa, 31 Desember 2013 - 12:56 WIB
Pembagian grup IIC dirilis, Jawa terbanyak
Pembagian grup IIC dirilis, Jawa terbanyak
A A A
Sindonews.com - Turnamen pra musim Inter Island Cup (IIC) satu pekan lagi akan segera digelar pada 10-25 Januari 2014. PT Liga Indonesia pun secara resmi telah merilis stadion-stadion serta pembagian grup IIC 2014.

Seperti diketahui, PT. Liga membagi IIC dalam tiga fase yaitu, fase grup atau penyisihan, babak delapan besar, dan final. Di fase grup, 22 tim peserta dari empat zona antara lain, zona Sumatera, Jawa (1 dan 2), Papua dan Sulawesi, serta Kalimantan, akan dibagi lagi kedalam enam grup.

Grup pertama yakni zona Sumatera mempertemukan dua tim yakni, Sriwijaya FC dan Semen Padang. Kedua tim itu akan bertanding dengan sistem kandang tandang untuk memperebutkan satu tiket ke delapan besar.

Tiga zona lainnya, yaitu Jawa, Kalimantan dan Papua+Sulawesi, akan menggunakan format home tournament dan sistem setengah kompetisi.

Zona Jawa, sebagai zona dengan peserta terbanyak akan dibagi kedalam tiga grup. Hanya akan ada satu tim dari tiap-tiap grup yang akan lolos ke babak delapan besar yang akan digelar 18-22 Januari 2014.

Stadion si Jalak Harupat akan menjadi tuan rumah grup Jawa 1. Di grup ini, Persib Bandung, Pelita Bandung Raya, Persita Tangerang dan Persijap Jepara akan saling berjibaku demi lolos ke delapan besar.

Di grup Jawa 2, Arema Indonesia akan menjadi tuan rumah setelah Stadion Kanjuruhan, Malang dipilih sebagai tempat pertandingan. Singo Edan -julukan Arema- akan meladeni Persija Jakarta, Persepam Madura United, dan Persela Lamongan.

Sementara itu, Gresik United, Persik Kediri dan Persiba Bantul akan dijamu Persebaya Surabaya di Gelora Bung Tomo yang terpilih sebagai tuan rumah grup Jawa 3.

Zona Kalimantan, Papua+Sulawesi hanya akan terdiri dari satu grup. Empat klub di Zona Kalimantan yakni Barito Putera, Persiba Balikpapan, Persisam Samarinda dan Mitra Kukar akan saling duel di Stadion Demang Lehman markas Barito. Sementara, Persipura Jayapura, Persiram Raja Ampat, Perseru Serui dan PSM Makassar akan bertanding di Stadion Mandala, Jayapura.

Berbeda dengan zona Sumatera dan Jawa, zona Kalimantan, Papua+Sulawesi akan meloloskan juara dan runner up dari masing-masing grup ke babak delapan besar.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Joko Driyono mengungkapkan, pihaknya telah menginformasikan kepada tuan rumah dan seluruh peserta terkait waktudan penyelenggaran IIC 2014.

"Tanggal 3 Januari 2014 akan dirilis jadwal selengkapnya. Mengenai pendaftaran pemain, minimal setiap klub mendaftarkan 18 pemainnya dan paling lambat pada 7 Januari 2014," katanya.

Dirinya menambahkan, kecuali Zona Sumatera, IIC akan mempertandingkan dua pertandingan setiap harinya pada masing-masing grup. Selanjutnya, pada pertandingan terakhir atau hari ketiga, akan ada dua pertandingan pada sore dan malam hari, apapun hasil pertandingan di hari pertandingan pertama dan kedua.

Joko pun menjamin tidak ada pertandingan yang berlangsung bersamaan di dua stadion pada hari terakhir.
(irc)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3632 seconds (0.1#10.140)
pixels