Buta kekuatan musuh, Wong Kito pede ladeni Kabau Sirah

Kamis, 02 Januari 2014 - 11:37 WIB
Buta kekuatan musuh, Wong Kito pede ladeni Kabau Sirah
Buta kekuatan musuh, Wong Kito pede ladeni Kabau Sirah
A A A
Sindonews.com - Sriwijaya FC harus melakoni partai tandang ke markas Semen Padang dalam laga Inter Island Cup (IIC) 2014 pada Jumat (10/1) mendatang. Selang empat hari kemudian atau pada 14 Januari, giliran Wong Kito menjamu Kabau Sirah-julukan Semen Padang, di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang.

Meski hanya pertemuan di ajang pramusim, namun Semen Padang tak ingin selalu berada di bawah bayang-bayang nama besar SFC sebagai klub sering mendapatkan gelar dan jadi penguasa Andalas.Terlebih jika merujuk pada tiga pertemuan terakhir, SFC masih unggul atas Semen Padang.

Dua kali menang 3-0 saat bermain di Gelora Sriwijaya Jakabaring pada Piala Copa Indonesia (16 April 2010) dan menang telak 5-0 pada Indonesia Super League (ISL) 6 Februari 2011. Tapi SFC harus tunduk dikandang Kabau Sirah 1-2 pada 8 Maret 2011.

Menurut pemain SFC Erol Iba, Semen Padang termasuk tim yang memiliki motivasi besar untuk mengalahkan tim-tim besar, termasuk SFC sendiri. Hanya saja, pada pertemuan kali ini baik SFC maupun Semen Padang, sama-sama mengalami perubahan dalam skuadnya.

''Mereka (Semen Padang) selalu termotivasi jika berhadapan dengan tim-tim kuat, tapi saat menghadapi tim lemah, motivasinya tidak sebesar itu. SFC sendiri merupakan tim besar, jadi mereka sudah pasti akan sangat menginginkan mengalahkan kami,” kata Erol.

Sebagai salah satu mantan pemain Semen Padang, Erol menuturkan, saat ini skuad yang diarsiteki Jafri Sastra, tidak lagi diperkuat pemain-pemain yang telah melambungkan nama klub.

''Mereka sudah kehilangan Titus Bonay, Elie Eboy, Ferdinand Sinaga, dan yang lainnya. Tapi mereka tetap mencari pemain pengganti yang sepadan dengan pemain yang pergi. Saya rasa SFC adalah tim besar, yang terbiasa keluar dari tekanan tim lawan. Kami juga punya motivasi mengalahkan mereka meski bermain di Padang,” sambungnya.

Sementara headcoach SFC Subangkit, hanya mengatakan kalau dalam beberapa hari ini dirinya belum ingin memikirkan tentang lawan pertama mereka di IIC 2014 ini. ''Saya hanya berpikir untuk menyempurnakan tim, sebelum waktunya tampil di IIC nanti. Apalagi saya juga belum tahu betul bagaimana kekuatan Semen Padang,” ucapnya singkat.

Terlepas dari derby Andalas di IIC nanti, PT Liga Indonesia sendiri telah merilis grouping, pengumuman jadwal keseluruhan turnamen IIC 2014 sesuai Surat bernomor 1320/LIGA/XVII/2013. Selain itu memperhatikan Surat LIGA nomor: 1318/LIGA/XII/2013 tertanggal 30 Desember tentang turnamen IIC 2014 babak penyisihan, yang harusnya tanggal 10-14 Januari 2014 oleh LIGA direvisi menjadi 10-16 Januari 2014.

Selanjutnya babak 8 besar digulirkan pada tanggal 18-22 Januari 2014. Dan puncaknya babak Grand Final digelar pada tanggal 25 Januari 2014. Namun venue Stadion untuk babak 8 Besar maupun Final belum ditentukan oleh PT Liga Indonesia.

''Setelah kita selesai melakukan grouping, kita juga telah menyelesaikan jadwal IIC 2014. Tuan rumah babak penyisihan zona ditentukan oleh LIGA. Kita juga memberikan revisi khususnya babak penyisihan, info kepada tuan rumah dan seluruh peserta, bahwa babak penyisihan akan berlangsung pada 10-16 Januari, babak 8 besar pada 18-22 Januari dan Final pada 25 Januari,” kata CEO PT Liga Indonesia, Joko Driyono, Selasa (31/12) dari situs ligaindonesia.co.id.

Joko menambahkan, kecuali Zona Sumatera, pada babak penyisihan ini, setiap harinya akan menggelar dua pertandingan di masing-masing grup. Sebagai catatan, pada hari pertandingan terakhir (ketiga), tetap akan dilaksanakan dua pertandingan pada sore dan malam hari, apapun hasil pertandingan di hari pertandingan pertama dan kedua. Jadi, tidak ada pertandingan yang berlangsung bersamaan di dua stadion pada hari terakhir.

''Pendaftaran pemain tiap klub minimal 18 orang serta paling lambat pada tanggal 7 Januari 2014. Kami harap gelaran IIC 2014 lancar dan sukses. Selain itu kepada seluruh peserta IIC kami harap kerjasamanya dengan baik ” tutupnya.

Jadwal Inter Island Cup 2014
Penyisihan Grup
Zona SUMATERA
1. Sriwijaya FC
2. Semen Padang

Semen Padang vs Sriwijaya FC
Jumat 10 Januari 2014

Sriwijaya FC vs Semen Padang
Selasa 14 Januari 2014
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5533 seconds (0.1#10.140)