Ducati beralih ke kelas open ?

Kamis, 09 Januari 2014 - 15:02 WIB
Ducati beralih ke kelas open ?
Ducati beralih ke kelas open ?
A A A
Sindonews.com - Tim Ducati tengah berencana bakal meninggalkan tim pabrikan dan beralih dari MotoGP ke kelas open pada tahun ini. Kendati begitu, tim asal Italia itu akan menentukan sikapnya pada tes pertama musim ini di Sirkuit Sepang, Malaysia pada 4-6 Februari mendatang.

Hal itu sebagaimana disampaikan Andrea Dovizioso dalam wawancaranya dengan GPOne, Rabu (8/1) kemarin. Bisa hal ini benar-benar direalisasikan tim Ducati, maka perhelatan MotoGP 2014 hanya diikuti dua pabrikan. Yakni Repsol Honda dan Yamaha.

"Hingga saat ini belum ada keputusan tentang rencana itu. Tapi setelah kami menjalani tes pertama musim ini di Sirkuit Sepang, maka kita akan memutuskan kelas mana yang akan dipilih," kata Dovizioso dilaman GPOne, Kamis (9/1).

Kelas open merupakan pengganti dari kelas privateer CRT. Motor Open punya bahan bakar 24 liter atau empat liter lebih banyak dari MotoGP. Jatah mesin open juga lebih banyak daripada kuota mesin MotoGP. Alasan Ducati beralih karena mereka melihat selama beberapa tahun terakhir ini, tim selalu kalah dalam persaingan perburuan gelar dari Yamaha maupun Honda.

Selain itu masalah penggunaan ban Bridgestone menjadi salah satu alasan mengapa Ducati beralih ke kelas open ketimbang menetap di MotoGP. Dalam hal ini Dorna selaku badan yang mengurusi balapan Kuda Pacu MotoGP mewajibkan motor Open memakai ECU standar dari Magneti Marelli. Sementara tim pabrikan diizinkan menggunakan software mereka sendiri.

"Di Jerez (ketika pembalap Pramac Ducati Yonny Hernandez menggunakan motor Open pada November), sesungguhnya perbedaan Open dengan pabrikan sangat minim," tambah Dovi sapaan akrabnya.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7902 seconds (0.1#10.140)