Dari Ronaldo hingga Ruud Gullit

Senin, 13 Januari 2014 - 13:32 WIB
Dari Ronaldo hingga Ruud Gullit
Dari Ronaldo hingga Ruud Gullit
A A A
Laporan Langsung dari Zurich, Swiss

Sindonews.com – Namanya juga malam Gala Dinner Ballon D’ Or. Tidak mengherankan jika semua dipoles gemerlap. FIFA, organisasi paling populer di dunia olah raga, tidak mau tanggung untuk memeriahkan pesta itu. Setidaknya, 50 stasiun televisi sejak Minggu (12/1) sudah bercokol di Kongreshaus, Zurich. Fasilitas parkir untuk kalangan wartawan, sudah “sold out” untuk kalangan ini.

Siapa yang datang dengan mobil Senin (13/1) sore ini, harus siap-siap merogoh kocek sendiri untuk urusan parkir, yang di Zurich terbilang cukup mahal. Juga, yang datang agak terlambat ke press room, harus siap mendengarkan Lionel Messi sambil berdiri di pinggiran. “Akan disiarkan langsung ke 180 negara,” akui Humas FIFA. Jadi, imbuhnya, memang cukup banyak peliput yang datang.

Dulu, khususnya tahun 1956, Ballon D’Or tidaklah segemerlap dan sesesak ini. Penerima pertama kalinya, Stanley Matthew, menerima bola emas ini di rumahnya. Sekarang, penerima the best football player ini di salah satu gedung mewah di kota termahal dunia, Kongreshaus. Disorot kamera, dikeploki kalangan elit sepak bola dunia, dihibur James Blunt, Amy Macdonald, Laura Pasini, hingga Marc Sway. Moderator juga tak kalah menawan. Akan tampil model asal Brasilia, Fernanda Lima dan von Ruud Gullit.

Dari kalangan sepak bola, sebagaimana dikatakan FIFA, akan hadir Michel Platini, Rummenige, Beckenbauer, juga bintang Brasilia masa lalu, dari Pelé, Amarildo, Carlos Alberto, Bebeto, Cafu dan Ronaldo. “Selain penghargaan Ballon D Or, juga ada tema Brasilia 2014 dalam acara ini,” imbuh FIFA.

Ballon D’Or diluncurkan pertama kali 1956 oleh majalah khusus sepak bola, France Football. Karena tumpang tindih dengan acara yang serupa oleh FIFA, akhirnya sejak 2010, FIFA menjadi satu satunya penyelenggara. Tahun ini, nominasi utama, yakni pemain sepak bola laki laki terbaik di dunia adalah Lionel Messi, Cristiano Ronaldo dan Franck Ribery. Dari kategori perempuan, muncul nama Marta (Brasilia), Nadine Angerer (Jerman) dan Abby Wambcah (Amerika).

Sementara kalangan pelatih muncul Juergen Klopp, Alex Ferguson, dan Juup Heynckes. Pemain yang menciptakan gol terbaik juga akan menerima Puskas Award. Zlatan Ibrahimovic berpeluang menggondol trofi ini.

Berbeda dengan kalangan jurnalis, khususnya televisi yang sudah datang sejak awal, tiga pemain utama, yakni Messi, Ronaldo dan Ribery baru akan mendarat di Bandara Kloten, Zurich, Senin (13/1) siang ini. Tak banyak waktu untuk leha leha bagi tiga pemain utama ini. Jika tak ada halangan, mereka sudah harus duduk di depan ratusan wartawan pukul 15.00 waktu setempat.

Pukul 17.00 sudah harus memasuki red carpet di Kongreshaus. Setelah acara usai, yakni sekitar pukul 21.00 sudah menanti gala dinner untuk kalangan ini. "Paginya, sudah kembali ke Madrid, Barcelona, atau Munchen,“ lanjut humas FIFA.

Seperti biasa, sore ini, sudah akan menyemut penggemar ketiga pemain sepak bola itu di sekitar Kongreshaus. Meski tidak sesesak jika di selenggarakan di Jakarta, misalnya, paling tidak bagi warga Zurich sudah cukup ramai acara semacam ini.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5551 seconds (0.1#10.140)